Tugas
Komputer
Grafik
Software
Pengolah Vektor/ Garis “ CorelDraw”
Dosen
: Triyugo Winarko, S.kom
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK)
MITRA
LAMPUNG
2013
Tugas
Komputer
Grafik
Software
Pengolah Vektor/ Garis “CorelDraw”
Dosen
: Triyugo Winarko, S.kom
Nama
Anggota Kelompok:
1. Septiani
115100061
2. Intan
Novita Rolandya 115100051
3. M.
Yusuf 115100101
4. Nopita
Lisa 105110011
5. Rusdi 115101051
6. David
Hermawan 105100051
7. M.
Andi Rianto 105100071
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK)
MITRA
LAMPUNG
2013
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah, puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat,
karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah dengan judul ”Makalah tentang CorelDraw’’.
Makalah
ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah komputer grafik. Selain
itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa dalam
menyusun karya tulis.
Penulis
menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan
lain di kemudian hari.
Dan
semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan terimakasih.
Bandar Lampung , 17 mei 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Cover Utama
Cover 2
3.2 Status Bar
3.3
Color Palette
3.4
Dialog Box
3.5
Docker
3.6
Fixed/Floating Toolbar
4.5 Warna
DAFTAR GAMBAR
BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan
teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia berinteraksi satu
sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh
teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga
pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap kebutuhan
manusia salah satunya yaitu komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia, menjadi tempat
ketergantungan hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai beberapa
perangkat yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software
dan brainware.
Nama lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu
perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras,
perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh
manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa
dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa
program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah,
maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan
perintah yang dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software.
Diperangkat ini terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu
CorelDraw.
Software CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat garis-garis
vector, contohnya logo. Dengan kelengkapan tools dari software ini, juga controlnya
pun lebih nyaman, mendesain logo vector menjadi lebih mudah.
BAB 2
Mengenal CorelDraw
2.1 Pengertian CorelDraw
CorelDraw
merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan
seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti
logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan
pemrosesan visual.
2.2
Sejarah CorelDraw
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan
pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada
awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS
hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat
tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas platform, namun
harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk
meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem
desktop-publishing berbasis Intel. Pada 1987, Corel merekrut beberapa
pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis
berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel.
Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada
1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya
focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan
diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1
menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang
ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter. Beberapa
inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke
before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang
pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah
editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan
penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode
RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar
bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah
Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor
gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan
perbedaan yang mencolok.
Kelebihan CorelDraw , yaitu :
1.Interface dan penggunaan tool
sangat mudah. Sangat terasa ketika kita menggunakan bezier tool, dibandingkan
dengan menggunakan pen tool pada photoshop atau adobe illustrator. Ketika hasil
objek diolah menggunakan shape tool maka tanpa harus ada tool satu persatu
untuk pengubahan mode garis smooth, simetris dan cusp.
2.Proses pembuatan dan pengeditan objek cepat. Tidak ada layer visible atau tanpa dipengaruhi layer. Karena layer pada CorelDraw dibuat tak terlihat atau bersifat idle. Dengan adanya hal ini maka proses pemilihan objek juga cepat. Dan juga dengan satu atau dua tool saja, kita bisa membuat dan mengedit objek.
3.Ada blending color atau pencampuran
warna secara live. Maksud blending adalah mencampur antara warna satu dengan
warna lainnya. Contohnya mencampur warna merah dengan warna hijau maka akan
secara otomatis warna hasil adalah warna pencampuran dengan scala tertentu.
4. Hasil trace,
pengubahan bitmap ke vektor cukup baik. Pengubahan dari bitmap ke vektor sangat
banyak digunakan, ini dikarenakan sifat vektor yang tidak pecah saat ada proses
transformasi. Tracing bitmap tersedia dalam berbagai mode pilihan sehingga
dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
5.Untuk proses cetak hasil memuaskan. Maksudnya perbedaan antara tampilan pada layar monitor dan hasil cetak tidak terlalu banyak. Sehingga bisa dibilang hasil cetak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar monitor. Juga bisa digunakan untuk separasi sablon. Tentu saja agar dapat menjadi optimal kita harus mengkalkulasi ulang dan menyesuaikan beberapa has seperti layar monitor, tinta printer, kertas printer dan jenis printer itu sendiri.
Kekurangan CorelDraw
Model visualisasi yang digunakan untuk digital seperti komputer dan piranti elektronik lainnya hasil kurang bisa memuaskan terutama pewarnaan yang tidak bisa secerah Adobe Illustrator. Meskipun bisa disiasati tetapi masih dengan cara yang agak lama.
5.Untuk proses cetak hasil memuaskan. Maksudnya perbedaan antara tampilan pada layar monitor dan hasil cetak tidak terlalu banyak. Sehingga bisa dibilang hasil cetak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar monitor. Juga bisa digunakan untuk separasi sablon. Tentu saja agar dapat menjadi optimal kita harus mengkalkulasi ulang dan menyesuaikan beberapa has seperti layar monitor, tinta printer, kertas printer dan jenis printer itu sendiri.
Kekurangan CorelDraw
Model visualisasi yang digunakan untuk digital seperti komputer dan piranti elektronik lainnya hasil kurang bisa memuaskan terutama pewarnaan yang tidak bisa secerah Adobe Illustrator. Meskipun bisa disiasati tetapi masih dengan cara yang agak lama.
BAB 3
Area
Kerja CorelDraw
3.1 Quick Start
Pertama kali
perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak
dialog welcome.
Pada kotak
dialog ini, lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu:
3.1.1
quick start: aplikasi ini
dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru
atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
3.1.2
what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang
disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW.
3.1.3
learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak
CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
3.1.4
galeri: galeri
digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs
tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan
perangkat lunak CorelDRAW.
3.1.5
updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs
resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu
untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.
3.2 Status Bar
Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat
pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek
gambar/teks dan/atau alat proses terpilih.
3.3 Color Palette
Color palette atau
kotak warna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi
warna pada objek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan
untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak
warna.
3.4 Dialog Box
Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas
yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur
melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, pengubahan format objek gambar dari
vektor ke bitmap melalui menu bitmaps submenu convert to bitmap.Semua sangat
lengakap di corel draw.
3.5 Docker
Sistem meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap)
sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format
tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapat ditampilkan melalui menu
window submenu docker.
3.6 Fixed/Floating Toolbar
Salah satu keistimewaan dari sistem CorelDRAW X3, yaitu fasilitas
toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan/atau property bar yang
dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi.
BAB
4
Operasi Dasar Coreldraw
4.1 Objek Garis
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa:
Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa:
4.1.1
Freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus
atau garis yang tidak beraturan.
4.1.2
Bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan
garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
4.1.3 Artistic media
tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam
menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri
fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi
kanannya.
4.1.4 Pen tool:
pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
4.1.5 Polyline tool:
pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
4.1.6 Point curve
tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan
cepat.
4.1.7 Connector tool:
alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya,
membentuk garis penghubung alur diagram.
4.1.8 Dimension tool:
alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal,
diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal
secara otomatis, gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri
fasilitas property bar ketika alat ini aktif.
4.1
Objek Gambar
Di dalam CorelDRAW,
berbagai bentuk objek gambar dapat dibuat. Berikut ini merupakan fasilitas
toolbox yang berguna membentuk berbagai objek gambar:
4.2.1 Rectangle tool: alat ini dapat digunakan
untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
4.2.2 Ellipse tool: alat ini digunakan untuk
membentuk objek lingkaran/elips.
4.2.3 Object tool:
alat ini dapat mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek poligon,
bintang, spiral, dan tabel.
4.2.4 Perfect
shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara
mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar genjang, balon, simbol diagram alur,
panah, dan lain sebagainya.
4.2.5 Table tool: alat ini dapat digunakan untuk
membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya
dapat dimasukkan tulisan/teks, tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya.
Alat ini bisa digunakan untuk membuat kartu pos, brosur, dan lain-lain.
4.2.6 Smart
Drawing: menggambar pintar adalah aplikasi baru yang ada pada CorelDRAW X4.
Smart drawing tool yang ada pada smart tool dapat digunakan untuk membentuk
objek gambar dari sketsanya.
4.3 Objek Teks
Objek teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan
grafis. Ada yang membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek
teks menjadi objek gambar.
Objek teks dapat
dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek teks
dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga membentuk
bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
4.4 Objek 2D Menjadi 3D
CorelDRAW X4 memiliki
fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D. Fasilitas yang dapat
digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut:
4.4.1 Extrude: pada fasilitas toolbox terdapat
interactive extrude tool di dalam interactive effects tool. Setelah diaktifkan,
format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property
bar.
4.4.2 Bevel: bevel merupakan subalat untuk
membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks. Bevel akan muncul dalam property
bar setelah mengaktifkan interactive extrude tool.
4.4.3 Contour: fasilitas contour di dalam
CorelDRAW X4 disediakan untuk membuat salinan dari suatu objek gambar/teks ke
bagian dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari
suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya.
4.4.4 Gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk
menggunakan fill tool, interactive fill tool, atau mesh fill.
4.4.5 Efek bayangan: CorelDRAW menyediakan
interactive drop shadow
yang merupakan subalat dari
interactive effects tool untuk membuat
efek bayangan dari objek gambar/teks.
4.5 Warna
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
Pilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut:
4.5.1 Fill & outline: pada fasilitas toolbox,
sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar/teks. Sedangkan
untuk mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan outline tool.
4.5.2 Eyedropper & paintbucket tool:
eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut
(properti, transformasi, dan efek) suatu objek gambar/teks. Setelah itu,
gunakan paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks
lainnya.
4.5.3 Smart fill: smart fill tool dapat mengisi
warna pada sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu objek
tertentu.
4.6 Objek
Artistik
Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari:
4.6.1 Garis artistik (Objek Teks): teks yang
artistik dapat dibuat melalui artistic media tool yang ada pada toolbox. Teks
apapun dapat dibuat karena penggunaanya seperti menggambar atau menulis dengan
bolpoin.
4.6.2 artistik (objek gambar): gambar artistik
yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar.
Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks.
4.6.3 Efek distorsi: CorelDRAW menyediakan
interactive distort tool di dalam interactive effects tool. Efek distorsi dapat
diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
4.6.4 Smudge brush (objek baru): melalui smudge
brush tool, suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk
gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Subalat ini dapat diakses melalui
shape edit tool.
PENUTUP
Demikian yang dapat kami sampaikan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahan dalam makalah ini, kerena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan
judul makalah ini.
Penulis banyak berharap agar para pembaca makalah ini memberikan kritik dan saran yang bisa membangun, kepada penulis demi kesempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang pada umumnya.
Penulis banyak berharap agar para pembaca makalah ini memberikan kritik dan saran yang bisa membangun, kepada penulis demi kesempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang pada umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Admin.2008. Pengertian software (Perangkat Lunak)
Komputer.(online),http://belajar-komputer-mu.com, diakses 15 Desember 2011.
Anynomous.Menjelaskan artikel Coreldraw.(online), http://www.asian-brain.com diakses 18 Desember 2011.
Purwanto,Heri.2011.Sejarah Coreldraw.(online), http://www.sejarah-coreldraw.html diakses 21 Desember 2011.
Sirodjuddin,Ardan.2008.Belajar Coreldraw itu mudah.(online), http://ardan
sirudjuddin.wordpress.com di akses 21 Desember 2011.
0 komentar:
Posting Komentar