PROPOSAL
PROYEK KERJA INDUSTRI KECIL
“DONAT DONNUT”

DI SUSUN OLEH:
1.    METILIA                                                 115100015
2.    INTAN NOVITA ROLANDYA 115100051
3.    SANDRA DEWI MENTARI                 115100021


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK)
MITRA LAMPUNG
2013
PROFIL USAHA

Nama Usaha                            : Donat Donnut
Pemilik Usaha                : Intan
Alamat                           : Jl. Yos Sudarso 23
No.Hp                            : 0857-5891-8167
Bidang Usaha                : Kuliner/Makanan

















KATA PENGANTAR

                Segala puji dan syukur kami ucapkan kepada kehadirat Allah swt yang telah memberikan kesempatan dan kemudahan kepada kami dalam menyusun proposal usaha ini. Tak lupa shalawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi Muhammad saw, kepada keluarganya, sabatnya, dan mudah-mudahan kita termasuk ke dalam umatnya. Amin.
            Dalam proposal usaha ini kami berusaha untuk menguraikan segala aspek utama dan pendukungnya dalam pendirian usaha rumahan ini. Mulai dari aspek produk, pemasaran, sampai perencanaan permodalan. Tak banyak memang, tetapi mudah-mudahan bermanfaat bagi wirausaha khususnya dan umumnya bagi seluruh yang membacanya.
            Kami merasa masih banyak kekurangan dari penyusunan proposal ini. Karenanya kami mohon maaf atas segala kesalahan dalam proposal ini. Kesempurnaan hanya milik Allah swt.


Bandar Lampung, 09 desember 2013
Penyusun,








DAFTAR GAMBAR
 
 
 





GA

BAB 1

PENDAHULUAN


Donat donnut merupakan konsep toko yang khusus menyajikan donat sebagai menu andalan.  Pengunjung bisa merasakan seperti berada di dalam dunia donat sebab segalanya yang ada di toko ini berhubungan dengan donat.
Misalnya meja atau kursi yang berbentuk meneyerupai donat.
Donat Donnut menawarkan kepada pelanggan berbagai macam jenis donat dengan cita rasa dan tampilan yang menarik seperti, donat meises, donat kacang almon, atau donat vanilla orange. Sebagai tambaha toko ini menawarkan minuman seperti cappuccino, moccacinno dan lainnya.
Peluang membuka usaha donat ini masih terbuka karena semua orang tahu dan menyukai donat. Selain untuk makanan selingan dan kudapan donat juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan pagi atau sarapan sekolah anak. Dan sampai saat ini pun donat menjadi jajanan yang digemari anak bahkan orangtua.
Disinipun disediakan fasilitas fasilitas seperti wifi, browsing, bahkan ruang karaoke yang akan membuat pengunjung semakin nyaman.
Elemen yang ditawarkan donat donnut adalah :
§  Produk yang berkualitas tinggi
§  Layanan konsumen yang prima
§  Metode pemasaran yang unik
§  Lokasi gerai yang nyaman
§  Desain yang menarik dan nyaman









A.    Konsep bisnis

Donat donnut adalah konsep toko khusus yang didasarkan pada donatyang dibuat khusus dengan bahan dasar yang berbeda dengan donat lain..
Dan rencana jangka menengahnya adalah mencari lokasi strategis dan menarik untuk dibuat dua gerai baru. Satu di tanjung karang dan satu lagi di rajabasah
Dan rencana jangka panjangnya adalah menjadi pemimpin pasar makanan donat di kota kota besar.
Manajemen perusahaan bahwa peluang membuka usaha toko donat di mal masih terbuka, karena hal ini karena donat merupakan makanan yang digemari oleh seluruh kalangan masyarakat.
Berikut ini yang membedakan antara donat donnut dengan yang lain :
1.      Produk yang berkualitas tinggi
Donat donnut didirikan untuk menyajikan donat dengan kualitas dan cita rada yang tinggi. Menu dobuat dengan bahan dasar yang berbeda dengan pesaingnya. Dengan racikan sempurna sehingga menghasilkan rasa yang khas.
2.      Layanan konsumen yang prima
Tujuan perusahaan adalah memberikan layanan yang positif dan proaktif kepada setiap konsumen yang mampir dan datang ke toko ini. Pegawai yang berda di garis depan sangat berperan penting dalam hal ini. Oleh karena itu pegawai harus berpenampilan menarik, cekatan, gembira, motivasi tinggi, menyenangkan konsumen, dan tentunya memiliki komitmen untuk melayani kosumen.
3.      Metode pemasaran yang unik dan persediaan barang
Produk yang dapat bertahan di pasar adalah produk yang sesuai dengan keinginan segmen pasar pada umumnya. Dalam hal ini kualitas donat menjadi kuncinya dan kemasan yang menjadi nilai tambah. Untuk pemasaran bisa menjual langsung degan membuka toko, mengikuti bazaar makanan, pameran atau berdagang keliling.
Untuk mendukung pemasaaran , lakukan promosi segencar gencarnya. Untuk produksi skala besar akan dipasarkan melalui media cetak atau elektronik. Atau melalui penyebaran brosur dan program diskon juga akan menjadi sarana promosi yang efektif tanpa mengurangi kualitas produk.



4.      Lokasi gerai yang nyaman
Berbeda dengan toko yang lain, donat donut akan berlokasi di mal atau membuka toko yang memiliki pemandangan yang indah dan desain yang menarik yang membuat pengunjung semakin nyaman.
5.      Desain yang menarik
Toko ini akan dirancang khusus dengan desain yang menarik . hampir segalanya yang ada di dalam toko berhubungan dengan donat. Seperti kursi, meja yang menyerupai bentuk donat. Ditambah dengan fsilitas wifi dan free karaoke.

B. Produk Yang Ditawarkan

Tidak hanya donat saja yang ditawarkan, perusahaan juga menawarkan produk lain seperti :
Menu donat
Donat donnut menawarkan macam macam produk donat dengan berbagai bahan dasar yang berbeda. Seperti donat kentang, donat ketan hitam, dan donat ubi manis.
Semua ini disajikan dengan bermacam rasa , dengan taburan meises, kacang almon, kacang tanah, keju. Ada juga yang dilapisi dengan vanilla orange, coklat, serikaya, strawberry, blueberry dan lainnya.
Tidak hanya donat yang berlubang saja , disini juga disediakan donat yang tidak berlubangnamun memiliki isi di dalamnya. Dengan rasa durian, strawberry, blueberry, mocca, susu, ada juga yang asin dengain isi daging ayam, sosis, dan juga ikan tuna.
Menu lain
§  kopi hitam
§  moccacino
§  cappuccino
§  air mineral






C. Persediaan dan pemasaran

Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan merek dan mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai media.
Implementasi strategi ini meliputi:
§  Memberikan sampel gratis
§  Memberikan diskon
§  Memberikan bonus jika memneli dengan jumlah tertentu
§  Layanan proaktif karyawan : melatih mengenai pelayanan yang baik kepada konsumen
§  Memberikan jasa antar gratis di sekitar wilayah gerai
§  Penampilan logo

D. Pelayanan konsumen

Untuk memberikan kualitas layanan kepada konsumen, donat donnut akan memeberikan pelatihan dan motivasi kepada karyawan . Hal ini akan menjadi point penting bagi donat donnut.
Karyawan juga akan diberikan pelatihan tentang pengetahuan mengenai produk. Sehingga mereka akan memahami produk apa yang ,ereka jual dan mereka juga bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada konsumen
Karyawan akan diberi dan mengenakan seragam yang menarik, stylish, rapi, bersih, namun tetap sopan.

E. Desain gerai

Donat donnut akan dirancang sesuai dengan produknya. Tembok temboknya akan dipenuhi dengan ukiran yang berbentuk donat, begitu pula dengan meja dan kursi yang berbentuk menyerupai donat.
F.  pasokan barang

§  Bahan baku donat
§  Kudapan penunjang






G. Operasi dan manajemen

Gerai akan  dipimpin  oleh satu manajer dan didukung oleh 4-5 pegawai  yang bekerja bergantian.
Jam operasi toko adalah jam 09.00 – 21.00 setiap hari senin sampai jumat dan 09.00 – 21.30 setiap hari sabtu dan minggu.
H. Segmentasi pasar

*      Segmen 1: pasar introvert wallflower (8,1%)
Ciri: wanita, usia matang berpendidikan rendah dan tinggal di daerah . Umumnya tidak punya banyak keinginan dan tidak telalu optimid terhadap masa depan.
*      Segmen 2: Gaul glam/the networking pleasure (11%)
Ciri: Wanota usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan bergairah, tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat social ekonomi A+ sangat materialistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagiaan hidup.
*      Segmen 3: Oang alim/conficent establish (5,2%)
Ciri: Pria, usia matang, berpendidikan tinggi, dan tinggal di daerah perkotaan. Mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam hidup sosialnya, sangat normative dan suka menolong.
*      Segmen 4: Ibu ibu PKK/the optimistic family person (13,5%)
Ciri: Wanita, usia matang dari daerah rural dengan status social ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis, kekeluargaan dan normative. Mereka menyukai masak sebagai hobi, tidak sekedar kewajiban. Hidup diabdikan untuk keluarga, tidak matrialistis. Keluarga adalah segalanya.
*      Segmen 5: Anak nongkrong/the change expect lad (10,5%)
Ciri: Usia muda, laki laki, tinggal di daerah urban, status ekonominya menengah bawah. Karakter mereka: hidup berorientasi pada temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: all is one and one is all.
*      Segmen 6: Lembut hati/cheerful humanist (12,1%)
Ciri: Wanita muda dari daerah pedesaan dengan tingkat social ekonominya rendah cenderung tidak suka menjadi pusat perhatian, walaupun diterima di lingkungannya. Menyukai lingkungan damai penuh harmoni, sangat menaru perhatian, dan berempati apda lingkungan dan orang orang di sekitarnya. Tidak mementingkan materi dan selalu ingin dibutuhkan di lingkungan serta menyayangi kebersamaan.

*      Segmen 7: Main untuk menang/the savvy qonquer (16%)
Ciri: Pria matang berpendidikan , di daerah perkotaan ini sangat mennikmati hidup lugas, selalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan domonan dalam pergaulan. Seang fashion, menikmati cuishine, dan gemar menikmati iklan. Keonginan dasar mereka dalah dimanja materi dan barang barang yang dipunyai. Suka disanjung dan dipuja serta supel dan penuh energi.
*      Segmen 8: Bintang panggung/the spontaneous fun loving (13,6%)
Ciri: Wanita dari daerah perkotaan dengan status social ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, sika pamer, dan menyenangi aktivitas di luar rumah., seperti peseta dan kumpul kumpul.
Mereka menyukai hal hal baru yang sedang menjadi tren, seperti fashion dan gadget, serta sangat menikmati hidup. Bagi mereka materi adalah alat untuk memenuhi tuntunan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah buktipengekuan diri, serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.
Berdasarkan hasil survey di atas, maka segmen yang bisa dijadikan sasaran toko donat donnut adalah segmen the  networking pleasure seeker (11%), the change expect lad (10,5%), the savvy qonquer (16%) dan the spontaneous fun loving (13,6%).

I.     Perilaku konsumen ke kafe

Salah satu cirri dari perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerja. Tempat berkumpul umumnya adalah di kafe, fitness center, kegiatan arisan, dan sebagainya. Itulah sebabnya fasilitas itu didirikanatas perilaku konsumen demikian.
Pergi ke kafe adalah menjadi tren saat ini bagi masyarakat perkotaan saat ini. Salah satunya dipicu oleh fasilitas yang disediakan oleh perbankan . Mulai tahun 2007 sampai sekarang industry perbankan melalui produk kartu kredit menjadikan program diskon di berbagai kafe dan resto menjadi program andalan.inilah factor pemicu tingkat kunjungan konsumen ke kafe dan resto menjadi meningkat tajam khususnya pada akhir pecan.
Perilaku konsumen seperrti demikian menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi donat donnut.
J.    Positioning

Agar dapat menarik perhatian konsumen , donat donnut merancang sebuah srategi positioning yang atraktif
Seperti : Nyaman dan nikmat

K. Pelanggan

Pasar sasaran donat donnut adalah pekerja kantoran , anak sekolah, mahasiswa dan sebagainya. Gerai akan dibuka di daerah yang mudah dijangkau oleh kalangan tersebut.
Perusahaan juga berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan pembelian melalui pemesanan mencapai 75%.

L. Persaingan

Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan nama merek, dan lokasi gerai.
Donat donnut juga akan bersaing langsung dengan gerai lain seperti dunkin donnut, j-co dan kafe resto lain.

M.   Manajemen

Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek aspek :
§  Profesionalisme
§  Ahli dalam hal keuangan, manajemen, kedisiplinan yang tinggi dan aspek hukum.
§  Atribiut atribut pribadi seperti, daya inisiatif yang tinggi, integritas, cekatan , determinasi dan lainnya.












BAB  2
PERHITUNGAN

Perincian Peralatan :
1.      Kocokan tangan            1 buah@Rp.5.000 ,-             = Rp.     5.000,-
2.      Pencetak Donat           100 buah@Rp.1.000,-             = Rp. 100.000,-
3.      Kwali/Kenceng             1 buah@Rp.7.500,-               = Rp.     7.500,-   +
Rp. 112.500,-
Perincian Perlengkapan :
1.      Plastik                                     1 pac@Rp.4000,-                    = Rp. 4.000,-
2.      Karet Plastik               1 bks@Rp.2500,-                    = Rp. 2.500,-   +
Rp.  6.500,-
Perincian bahan baku:
1.      Terigu                          3 kg                             = Rp.12.000,-
2.      Susu sachet                 1 bks                            = Rp. 1.000,-
3.      Ragi instan                  1 bks                            = Rp. 2.000,-
4.      Kacang                        1,5 ons                         = Rp. 1.500,-
5.      Coklat block                1 batang                      = Rp. 8.000,-
6.      Blueband                     1 bks                            = Rp. 2.500,-
7.      Telur                            2 butir                          = Rp. 1.000,-
8.      Minyak goreng            0,5 kg                          = Rp. 6.000,-   +
Rp. 34.000,-
Perincian bahan penolong:
Gas      3 kg                                                                                         Rp. 16,000,-  +
                                                                                                                        Rp.169.000,-






“DONAT DONNUT”
LAPORAN NERACA
Harta lancar :                                                     Utang Usaha:
Kas                              Rp. 15.000,-                   Utang Intan              Rp. 174.000,-
Perlengkapan               Rp.  6.500,-
Bahan baku                 Rp. 34.000,-                   Modal usaha :
biaya listrik                  Rp. 90,000,-
Bahan penolong          Rp. 16.000,-                   Modal Intan                         Rp. 100.000,-   
                                                Rp.  161.500
Harta tetap :
Peralatan                                 Rp. 112.500,- +                                                          +
                        Total                Rp. 274.000,-              Total                Rp. 274.000,-















“DONAT DONNUT”
HARGA POKOK PRODUKSI
 
 





Biaya bahan baku                    Rp. 34.000,- : 50 donat = Rp. 680,-
Biaya bahan penolong             Rp. 16,000,- : 50 donat = Rp. 320.-  +
                                                                                                            Rp. 1.000,-
BOP :
Biaya listrik                             Rp.90.000,- : 30 hari : 50 donat =       Rp.    60,-   +
                                                                                                            Rp. 1.060,-


“DONAT DONNUT”
LAPORAN LABA/RUGI

 
 




Penjualan         50 donat * Rp. 2.000,-                                                  = Rp. 100.000,-
HPP                 50 donat * Rp. 1.060,-                                                ( = Rp.  53.000,-   )
                                                                                    Laba         Rp. 47.000 / hari /50 donat









PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan maksud dan tujuan diatas. Semoga bapak/ibu tertarik dengan usaha yang akan kami dirikan dan mau untuk membantu atau bekerjasama dengan kami dalam mensukseskan usaha tersebut

Dan kami minta maaf jika ada salah kata yang menyinggung perasaan atau susunan proposal yang kurang baik.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar