PROPOSAL
PROYEK KERJA INDUSTRI
KECIL
“DONAT DONNUT”
DI SUSUN OLEH:
1.
METILIA 115100015
2.
INTAN
NOVITA ROLANDYA 115100051
3.
SANDRA
DEWI MENTARI 115100021
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
(STMIK)
MITRA LAMPUNG
2013
PROFIL USAHA
Nama Usaha : Donat Donnut
Pemilik Usaha : Intan
Alamat : Jl. Yos Sudarso 23
No.Hp : 0857-5891-8167
Bidang Usaha : Kuliner/Makanan
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kami ucapkan kepada kehadirat Allah swt yang telah memberikan
kesempatan dan kemudahan kepada kami dalam menyusun proposal usaha ini. Tak
lupa shalawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi Muhammad saw, kepada
keluarganya, sabatnya, dan mudah-mudahan kita termasuk ke dalam umatnya. Amin.
Dalam
proposal usaha ini kami berusaha untuk menguraikan segala aspek utama dan
pendukungnya dalam pendirian usaha rumahan ini. Mulai dari aspek produk,
pemasaran, sampai perencanaan permodalan. Tak banyak memang, tetapi
mudah-mudahan bermanfaat bagi wirausaha khususnya dan umumnya bagi seluruh yang
membacanya.
Kami
merasa masih banyak kekurangan dari penyusunan proposal ini. Karenanya kami
mohon maaf atas segala kesalahan dalam proposal ini. Kesempurnaan hanya milik
Allah swt.
Bandar
Lampung, 09 desember 2013
Penyusun,
DAFTAR GAMBAR
GA
BAB 1
PENDAHULUAN
Donat donnut merupakan konsep toko yang khusus menyajikan donat sebagai
menu andalan. Pengunjung bisa merasakan seperti berada di dalam dunia
donat sebab segalanya yang ada di toko ini berhubungan dengan donat.
Misalnya meja atau kursi
yang berbentuk meneyerupai donat.
Donat Donnut menawarkan
kepada pelanggan berbagai macam jenis donat dengan cita rasa dan tampilan yang
menarik seperti, donat meises, donat kacang almon, atau donat vanilla orange.
Sebagai tambaha toko ini menawarkan minuman seperti cappuccino, moccacinno dan
lainnya.
Peluang membuka usaha
donat ini masih terbuka karena semua orang tahu dan menyukai donat. Selain
untuk makanan selingan dan kudapan donat juga bisa dijadikan sebagai menu
sarapan pagi atau sarapan sekolah anak. Dan sampai saat ini pun donat menjadi
jajanan yang digemari anak bahkan orangtua.
Disinipun disediakan
fasilitas fasilitas seperti wifi, browsing, bahkan ruang karaoke yang akan
membuat pengunjung semakin nyaman.
Elemen yang ditawarkan
donat donnut adalah :
§ Produk yang berkualitas tinggi
§ Layanan konsumen yang prima
§ Metode pemasaran yang unik
§ Lokasi gerai yang nyaman
§ Desain yang menarik dan nyaman
A.
Konsep bisnis
Donat donnut adalah konsep toko khusus yang didasarkan pada donatyang
dibuat khusus dengan bahan dasar yang berbeda dengan donat lain..
Dan rencana jangka menengahnya adalah mencari lokasi strategis dan menarik
untuk dibuat dua gerai baru. Satu di tanjung karang dan satu lagi di rajabasah
Dan rencana jangka panjangnya adalah menjadi pemimpin pasar makanan donat
di kota kota besar.
Manajemen perusahaan bahwa peluang membuka usaha toko donat di mal masih
terbuka, karena hal ini karena donat merupakan makanan yang digemari oleh
seluruh kalangan masyarakat.
Berikut ini yang membedakan antara donat donnut dengan yang lain :
1. Produk yang berkualitas tinggi
Donat donnut didirikan untuk menyajikan donat dengan kualitas dan cita rada
yang tinggi. Menu dobuat dengan bahan dasar yang berbeda dengan pesaingnya.
Dengan racikan sempurna sehingga menghasilkan rasa yang khas.
2. Layanan konsumen yang prima
Tujuan perusahaan adalah memberikan layanan yang positif dan proaktif
kepada setiap konsumen yang mampir dan datang ke toko ini. Pegawai yang berda
di garis depan sangat berperan penting dalam hal ini. Oleh karena itu pegawai
harus berpenampilan menarik, cekatan, gembira, motivasi tinggi, menyenangkan
konsumen, dan tentunya memiliki komitmen untuk melayani kosumen.
3. Metode pemasaran yang unik dan persediaan
barang
Produk yang dapat bertahan di pasar adalah produk yang sesuai dengan
keinginan segmen pasar pada umumnya. Dalam hal ini kualitas donat menjadi
kuncinya dan kemasan yang menjadi nilai tambah. Untuk pemasaran bisa menjual
langsung degan membuka toko, mengikuti bazaar makanan, pameran atau berdagang
keliling.
Untuk mendukung pemasaaran , lakukan promosi segencar gencarnya. Untuk
produksi skala besar akan dipasarkan melalui media cetak atau elektronik. Atau
melalui penyebaran brosur dan program diskon juga akan menjadi sarana promosi
yang efektif tanpa mengurangi kualitas produk.
4. Lokasi gerai yang nyaman
Berbeda dengan toko yang lain, donat donut akan berlokasi di mal atau
membuka toko yang memiliki pemandangan yang indah dan desain yang menarik yang
membuat pengunjung semakin nyaman.
5. Desain yang menarik
Toko ini akan dirancang khusus dengan desain yang menarik . hampir
segalanya yang ada di dalam toko berhubungan dengan donat. Seperti kursi, meja
yang menyerupai bentuk donat. Ditambah dengan fsilitas wifi dan free karaoke.
B. Produk Yang Ditawarkan
Tidak hanya donat saja yang ditawarkan, perusahaan juga menawarkan produk
lain seperti :
Menu donat
Donat donnut menawarkan
macam macam produk donat dengan berbagai bahan dasar yang berbeda. Seperti
donat kentang, donat ketan hitam, dan donat ubi manis.
Semua ini disajikan
dengan bermacam rasa , dengan taburan meises, kacang almon, kacang tanah, keju.
Ada juga yang dilapisi dengan vanilla orange, coklat, serikaya, strawberry,
blueberry dan lainnya.
Tidak hanya donat yang
berlubang saja , disini juga disediakan donat yang tidak berlubangnamun memiliki
isi di dalamnya. Dengan rasa durian, strawberry, blueberry, mocca, susu, ada
juga yang asin dengain isi daging ayam, sosis, dan juga ikan tuna.
Menu lain
§ kopi hitam
§ moccacino
§ cappuccino
§ air mineral
C. Persediaan dan pemasaran
Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan merek dan mendorong
terjadinya pembelian melalui berbagai media.
Implementasi strategi
ini meliputi:
§ Memberikan sampel gratis
§ Memberikan diskon
§ Memberikan bonus jika memneli dengan jumlah tertentu
§ Layanan proaktif karyawan : melatih mengenai pelayanan yang baik kepada
konsumen
§ Memberikan jasa antar gratis di sekitar wilayah gerai
§ Penampilan logo
D. Pelayanan konsumen
Untuk memberikan kualitas layanan kepada konsumen, donat donnut akan
memeberikan pelatihan dan motivasi kepada karyawan . Hal ini akan menjadi point
penting bagi donat donnut.
Karyawan juga akan
diberikan pelatihan tentang pengetahuan mengenai produk. Sehingga mereka akan
memahami produk apa yang ,ereka jual dan mereka juga bisa memberikan sedikit
pengetahuan kepada konsumen
Karyawan akan diberi dan
mengenakan seragam yang menarik, stylish, rapi, bersih, namun tetap sopan.
E. Desain gerai
Donat donnut akan dirancang sesuai dengan produknya. Tembok temboknya akan
dipenuhi dengan ukiran yang berbentuk donat, begitu pula dengan meja dan kursi
yang berbentuk menyerupai donat.
F. pasokan barang
§
Bahan baku donat
§
Kudapan penunjang
G. Operasi dan manajemen
Gerai akan dipimpin oleh satu manajer dan didukung oleh 4-5
pegawai yang bekerja bergantian.
Jam operasi toko adalah
jam 09.00 – 21.00 setiap hari senin sampai jumat dan 09.00 – 21.30 setiap hari
sabtu dan minggu.
H. Segmentasi pasar
Segmen 1: pasar
introvert wallflower (8,1%)
Ciri: wanita, usia
matang berpendidikan rendah dan tinggal di daerah . Umumnya tidak punya banyak
keinginan dan tidak telalu optimid terhadap masa depan.
Segmen 2: Gaul glam/the
networking pleasure (11%)
Ciri: Wanota usia matang
yang sangat terbuka, suka bergaul dan bergairah, tinggal di daerah perkotaan
dengan tingkat social ekonomi A+ sangat materialistis dan memiliki harta/benda
adalah puncak kebahagiaan hidup.
Segmen 3: Oang
alim/conficent establish (5,2%)
Ciri: Pria, usia matang,
berpendidikan tinggi, dan tinggal di daerah perkotaan. Mereka sangat percaya
diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaian dalam hidup sosialnya, sangat
normative dan suka menolong.
Segmen 4: Ibu ibu
PKK/the optimistic family person (13,5%)
Ciri: Wanita, usia
matang dari daerah rural dengan status social ekonomi rendah, hidup dengan
bersahaja, realistis, kekeluargaan dan normative. Mereka menyukai masak sebagai
hobi, tidak sekedar kewajiban. Hidup diabdikan untuk keluarga, tidak
matrialistis. Keluarga adalah segalanya.
Segmen 5: Anak
nongkrong/the change expect lad (10,5%)
Ciri: Usia muda, laki
laki, tinggal di daerah urban, status ekonominya menengah bawah. Karakter
mereka: hidup berorientasi pada temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: all
is one and one is all.
Segmen 6: Lembut
hati/cheerful humanist (12,1%)
Ciri: Wanita muda dari
daerah pedesaan dengan tingkat social ekonominya rendah cenderung tidak suka
menjadi pusat perhatian, walaupun diterima di lingkungannya. Menyukai
lingkungan damai penuh harmoni, sangat menaru perhatian, dan berempati apda
lingkungan dan orang orang di sekitarnya. Tidak mementingkan materi dan selalu
ingin dibutuhkan di lingkungan serta menyayangi kebersamaan.
Segmen 7: Main untuk
menang/the savvy qonquer (16%)
Ciri: Pria matang
berpendidikan , di daerah perkotaan ini sangat mennikmati hidup lugas, selalu
berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan domonan dalam
pergaulan. Seang fashion, menikmati cuishine, dan gemar menikmati iklan.
Keonginan dasar mereka dalah dimanja materi dan barang barang yang dipunyai.
Suka disanjung dan dipuja serta supel dan penuh energi.
Segmen 8: Bintang
panggung/the spontaneous fun loving (13,6%)
Ciri: Wanita dari daerah
perkotaan dengan status social ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian,
suka bergaul, sika pamer, dan menyenangi aktivitas di luar rumah., seperti peseta
dan kumpul kumpul.
Mereka menyukai hal hal
baru yang sedang menjadi tren, seperti fashion dan gadget, serta sangat
menikmati hidup. Bagi mereka materi adalah alat untuk memenuhi tuntunan gaya
hidup, sanjungan dan pujaan adalah buktipengekuan diri, serta kelompok menjadi
alat mencapai kepopuleran.
Berdasarkan hasil survey
di atas, maka segmen yang bisa dijadikan sasaran toko donat donnut adalah
segmen the networking pleasure seeker (11%), the change expect lad
(10,5%), the savvy qonquer (16%) dan the spontaneous fun loving (13,6%).
I. Perilaku konsumen ke kafe
Salah satu cirri dari perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat
perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerja.
Tempat berkumpul umumnya adalah di kafe, fitness center, kegiatan arisan, dan
sebagainya. Itulah sebabnya fasilitas itu didirikanatas perilaku konsumen
demikian.
Pergi ke kafe adalah
menjadi tren saat ini bagi masyarakat perkotaan saat ini. Salah satunya dipicu
oleh fasilitas yang disediakan oleh perbankan . Mulai tahun 2007 sampai
sekarang industry perbankan melalui produk kartu kredit menjadikan program
diskon di berbagai kafe dan resto menjadi program andalan.inilah factor pemicu
tingkat kunjungan konsumen ke kafe dan resto menjadi meningkat tajam khususnya
pada akhir pecan.
Perilaku konsumen
seperrti demikian menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi donat donnut.
J. Positioning
Agar dapat menarik perhatian konsumen , donat donnut merancang sebuah
srategi positioning yang atraktif
Seperti : Nyaman dan nikmat
K. Pelanggan
Pasar sasaran donat donnut adalah pekerja kantoran , anak sekolah,
mahasiswa dan sebagainya. Gerai akan dibuka di daerah yang mudah dijangkau oleh
kalangan tersebut.
Perusahaan juga berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi.
Selain itu juga diharapkan pembelian melalui pemesanan mencapai 75%.
L. Persaingan
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan
akan nama merek, dan lokasi gerai.
Donat donnut juga akan bersaing langsung dengan gerai lain seperti dunkin
donnut, j-co dan kafe resto lain.
M. Manajemen
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek aspek :
§
Profesionalisme
§
Ahli dalam hal keuangan, manajemen,
kedisiplinan yang tinggi dan aspek hukum.
§
Atribiut atribut pribadi seperti, daya
inisiatif yang tinggi, integritas, cekatan , determinasi dan lainnya.
BAB 2
PERHITUNGAN
Perincian
Peralatan :
1.
Kocokan tangan 1 buah@Rp.5.000 ,- = Rp. 5.000,-
Rp. 112.500,-
Perincian
Perlengkapan :
2.
Karet Plastik 1 bks@Rp.2500,- =
Rp. 2.500,- +
Rp. 6.500,-
Perincian bahan
baku:
1.
Terigu 3 kg = Rp.12.000,-
2.
Susu sachet 1 bks =
Rp. 1.000,-
3.
Ragi instan 1 bks = Rp. 2.000,-
4.
Kacang 1,5 ons = Rp. 1.500,-
5.
Coklat block 1 batang = Rp. 8.000,-
6.
Blueband 1 bks = Rp. 2.500,-
8.
Minyak goreng 0,5 kg = Rp. 6.000,- +
Rp. 34.000,-
Perincian bahan
penolong:
Gas 3 kg Rp.
16,000,- +
Rp.169.000,-
“DONAT DONNUT”
LAPORAN NERACA
Harta
lancar : Utang Usaha:
Kas Rp.
15.000,- Utang Intan Rp.
174.000,-
Perlengkapan Rp. 6.500,-
Bahan baku Rp. 34.000,- Modal usaha :
biaya listrik Rp. 90,000,-
Bahan penolong Rp. 16.000,- Modal Intan Rp.
100.000,-
Rp.
161.500
Harta tetap :
Peralatan Rp. 112.500,- + +
Total Rp. 274.000,- Total Rp.
274.000,-
|
Biaya bahan baku
Rp. 34.000,- : 50 donat
= Rp. 680,-
Biaya bahan
penolong Rp. 16,000,- : 50
donat = Rp. 320.- +
Rp.
1.000,-
BOP :
Biaya listrik Rp.90.000,- : 30
hari : 50 donat = Rp. 60,-
+
Rp.
1.060,-
|
Penjualan 50 donat * Rp. 2.000,- = Rp. 100.000,-
HPP 50 donat * Rp. 1.060,- (
= Rp. 53.000,- )
Laba Rp. 47.000 / hari /50 donat
PENUTUP
Demikian proposal ini kami
buat dengan sebenar-benarnya dengan maksud dan tujuan diatas. Semoga bapak/ibu
tertarik dengan usaha yang akan kami dirikan dan mau untuk membantu atau
bekerjasama dengan kami dalam mensukseskan usaha tersebut
Dan kami minta maaf jika ada
salah kata yang menyinggung perasaan atau susunan proposal yang kurang baik.
0 komentar:
Posting Komentar