MAKALAH
“ANALISA E-COMMERCE ( ELECTRONIC
COMMERCE) PADA WWW.BHINNEKA.COM”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
Nama : Intan Novita Rolandya
NPM : 115100051
Prodi : Sistem Informatika
MaKul : Analisa Desain Bisnis
Dosen : A.Taufik Hidayat, S.Kom
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika Dan
Komputer
(STMIK)
MITRA LAMPUNG
2014
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah,
puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi
rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah dengan judul “ANALISA E-COMMERCE ( ELECTRONIC COMMERCE)
PADA WWW.BHINNEKA.COM”
Makalah
ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisa Desain Bisnis.
Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa
dalam menyusun karya tulis.
Saya
menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan lain di
kemudian hari.
Dan
semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan
terimakasih.
Bandar
Lampung, 7 April 2014
Penulis
DAFTAR ISI
COVER
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN …………..……………………………………Hal.1
1.1. Latar
Belakang …………..……………………………………Hal.1
1.2. Rumusan
Masalah …………..……………………………………Hal.2
1.3. Ruang Lingkup …………..……………………………………Hal.2
1.4. Maksud dan
Tujuan …………..……………………………………Hal.2
1.5. Metode
Pengumpulan Data …………..……………………………………Hal.2
1.6. Sistematika
Penulisan …………..……………………………………Hal.3
BAB II PEMBAHASAN …………..……………………………………Hal.4
2.1.
Sejarah E-Commerce ( Electronic Commerce) …………..……………………Hal.4
2.2.
Pengertian E-Comerce ( Electronic Commerce) …………..…………………Hal.5-6
2.3.
Jenis E-Comerce ( Electronic Commerce) …………..……………………Hal.6
2.3.1 Business
to Business E-Commerce ( Electronic Commerce)……………..Hal.6
2.3.2. Business to
Consumer E-Commerce ( Electronic Commerce) )…………...Hal.7
2.4.
Contoh E-Comerce ( Electronic Commerce) …………..………………...…Hal.7
2.5.
Dampak Positif dan Negatif E-Commerce (Electronic Commerce)
…………….Hal.7
2.5.1.
Dampak positif E-Commerce ………….…………………………….Hal.7
2.5.2.
Dampak negatif E-Commerce ………….…………………………….Hal.8
2.6. Situs-Situs
terkenal E-Commerce (
Electronic Commerce)………………………Hal.8
2.7.
WWW.BHINEKA.COM ……………………………………………..…Hal.8
2.7.1 Sejarah Bhinneka.com ……………………………………………..…Hal.9
2.7.2 Definisi
Bhinekacom ………………..………………………………Hal.9
2.7.3
Partner Network Bhineka.com ………………………………………Hal.10
2.7.4
Tampilan
dan Fitur-Fitur pada Bhineka.com………………………...…Hal.12
2.7.4.1
Tampilan
Situs ………………………………………...…Hal.12-21
2.7.4.2 Fitur-Fitur
pada bhineka.com ………………………………………Hal.21
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Dengan
perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan
peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin
banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi
informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan
hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat
dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu
kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan
dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa
tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan
banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya
dengan menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari keberadaan internet
adalah sebagai media promosi suatu produk. Suatu produk yang dionlinekan
melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produknya
di kenal di seluruh dunia.
Penggunaan
internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses
melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk
melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai
diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh
beberapa perusahaan yaitu electronic commerce atau yang lebih dikenal
dengane-commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui
media internet. e-commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak
transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media
internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet.
Keberadaan e-commerce merupakan
alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini,
karena e-commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak,
baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam
melakukan transaksi perdagangan. meskipun para pihak berada di dua benua
berbeda sekalipun. Dengan e-commerce setiap transaksi tidak
memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu penulis juga
tertarik untuk memaparkan E-Commerce pada Bhineka.com.
1.2. Rumusan
Masalah
Makalah
ini merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana
sejarah E-Commerce?
2. Apa
pengertian E-Commerce?
3. Apa
saja jenis-jenis E-Commerce?
4. Apa
saja contoh E-Commerce?
5. Apa
saja dampak E-Commerce?
6. Apa
saja situs-situs terkenal E-Commerce?
7.
Apa itu Bhineka.com?
1.3. Ruang Lingkup
Dalam
makalah ini, penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada
materi kuliah E-commerce. Pembahasan lebih dikhususkan pada e-commerce(
electronic commerce) pada Bhinneka.com. Hal tersebut dimaksudkan untuk
mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus pada masalah yang akan di bahas
serta dapat memberikan gambaran umum tentang isi makalah sehingga pembaca lebih
mudah mempelajarinya.
1.4. Maksud dan
Tujuan
Maksud
dari penyusunan tugas ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi salah satu tugas
mata kuliah Pemrograman Terstruktur di Bina Sarana Informatika. Sedangkan
tujuan dari penulisan tugas ini adalah:
1. Menerapkan
teori yang didapat selama belajar di MITRA
Lampung.
2. Mengembangkan
kreativitas dan wawasan penulis.
3.
Memberikan uraian
tentang e-commerce (electronic commerce) pada Bhinneka.com.
1.5. Metode
Pengumpulan Data
Untuk
memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas ini, penulis menggunakan
metode Browsing Internet, yaitu yang dilakukan dengan browsing atau membaca atau
mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam
tugas ini di internet.
1.6. Sistematika
Penulisan
Untuk
memudahkan pembaca dalam mempelajari dan mengetahui isi makalah ini, penulis
memberikan uraian singkat mengenai gambaran pada masing-masing bab melalui
sistematika penulisan yaitu :
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam
bab ini, penulis menguraikan tentang latar belakang penulisan, maksud dan
tujuan serta metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menyusun
tugas ini. Selain itu, penulis juga menguraikan mengenai ruang lingkup
permasalahannya yang dibahas dan sistematika penulisan.
BAB
II PEMBAHASAN
Pada
bab ini, penulis menguraikan tentang materi-materi yang akan dibahas karena bab
ini merupakan bab utama dari makalah ini. Dalam bab ini penulis menguraikan
tentang sejarah e-commerce, pengertian e-commerce,
jenis e-commerce yang meliputi business to business
e-commerce dan business to customer e-commerce,
contoh e-commerce, dampak positif dan negative e-commerce, web yang
dikeluarkan e-commerce, pengertian Bhineka.com, partner bhineka.com,
sekaligus akan dibahas mengenai bhineka.com.
BAB
III PENUTUP
Dalam
bab ini, penulis menguraikan tentang kesimpulan-kesimpulan dari masalah yang
dibahas .
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Sejarah E-Commerce ( Electronic Commerce)
Sejarah
perkembangan e-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet
yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah e-commerce. Internet
mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat
komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan
Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan
untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Jaringan ini dikenal dengan
istilah ARPAnet, ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency
yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih
dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan
(network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara
bagian dan dunia.
Seiring
dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara
kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini
mulai terhubungkan satu dengan yang laininterconnected, inilah awal mula
dipakai istilah “Internet”. Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan
transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara
elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan
web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World
Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB
mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan
bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi yang nantinya
akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protokol HTTPS
memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara
tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa
mengembangkan situs web perdangan ini.
2.2.
Pengertian E-Comerce ( Electronic Commerce)
E-commerce adalah
dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi
secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang
dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah
semua kegiatan marketing
dan
juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).
Adapun pendapat mengenai pengertian e-commerce bahwa e-commerce mengacu pada internet
untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah sub perangkat
dari E-Bisnis.
Cara
pembayarannya melalui transfer uang secara digital seperti melalui account
paypal atau kartu credit.
Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. Area
bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien
atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan
internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan
fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran
digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam
melakukan transaksi online.
Pada
umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara
online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan
pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam
prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet
dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti
Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape,
bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan
internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus
yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa
dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada
pengguna credit cardnya yang menggunakan e-commerce.
Adapun proses
yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1.
Presentasi electronis
(Pembuatan Website) untuk produk dan layanan
·
Pemesanan secara
langsung dan tersedianya tagihan
·
Secara
otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening
maupun nomor kartu kredit)
·
Pembayaran yang
dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun
keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi
melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan pendapatan
dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
2.
Mengurangi biaya-biaya
yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report,
dan sebagainya
3.
Mengurangi
keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/ pembayaran yang tepat
waktu dan dapat langsung dicek
4.
Mempercepat pelayanan
ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
2.3.
Jenis E-Comerce ( Electronic Commerce)
E-Commerce dapat
dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B)
dan Business to Consumer (B2C, retail). Kedua
jenis e-commerce ini memiliki karakteristikyang berbeda.
2.3.1 Business
to Business E-Commerce ( Electronic Commerce)
Business
to Business E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Trading
partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship)
yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut.
Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang
dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
2.
Pertukaran data (data
exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari,
dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang
digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti
yang menggunakan standar yang sama.
3.
Salah satu pelaku dapat
melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
4. Model
yang umum digunakan adalah peer-topeer, dimana processing intelligence dapat
didistribusikan di kedua pelaku bisnis
2.3.2. Business to
Consumer E-Commerce ( Electronic Commerce)
Business
to Consumer E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Terbuka
untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
2. Servis
yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan
oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan
maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
3. Servis
diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakuka inisiatif dan
produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
4. Pendekatan
client/ server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer)
menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business
procedure) diletakkan di sisi server.
2.4.
Contoh E-Comerce ( Electronic Commerce)
Banyak sekali
yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online
2. Pembelian elektronik melalui online
3. Pembelian kendaraan melalui online
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
1. Pembelian buku melalui online
2. Pembelian elektronik melalui online
3. Pembelian kendaraan melalui online
4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
2.5.
Dampak Positif dan Negatif E-Commerce (Electronic Commerce)
Di
dalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negatif nya.
2.5.1. Dampak positif E-Commerce,
yaitu :
1. Revenue
Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa
ditemui di sistem transaksi tradisional
2. Dapat
meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
3. Menurunkan
biaya operasional(operating cost)
4. Melebarkan
jangkauan (global reach)
5. Meningkatkan
customer loyality
6. Meningkatkan
supplier management
7. Memperpendek
waktu produksi
8. Meningkatkan
value chain (mata rantai pendapatan )
2.5.2. Dampak negatif E-Commerce,
yaitu:
1. Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer
uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data
finansial yang ada
2. Pencurian
informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua
informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban
3. Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan
non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam
4. Penggunaan
akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang
berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah
rekening orang lain ke rekeningnya sendiri
5. Kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha
yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan
reputasi perusahaan tersebut
6. Kerugian
yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia,
kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
2.6. Situs-Situs
terkenal E-Commerce (
Electronic Commerce)
Ada
beberapa Web terkenal
e-commerce yaitu AMAZON.COM, EBAY.COM, TOKOBAGUS.COM, BERNIAGA.COM dan BHINEKA.COM.
web-web ini berfungsi untuk mejual barang/jasa
melalui internet. Disini penulis akan menganalisa
e-commerce
( electronic commerce) pada www.bhinneka.com
Untuk
dapat mengakses situs tersebut berikut saya lampirkan link nya :
2.7.1 Sejarah Bhinneka.com
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan
saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil
melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja
kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba
mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
“Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
“Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh
berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi,
jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya”
2.7.2 Definisi Bhinekacom
Definisi lain nya Bhineka.com adalah bisnis online
store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau
teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com
yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau
tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk
memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi,
ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus
langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah
satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di
Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barang-barang
elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya.
Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan
dengan barang lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para
pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempat untuk mendapatkan
referensi dari harga-harga barang elektronik.
2.7.3 Partner Network Bhineka.com
Partner
Network Bhineca.com yaitu meliputi:
1.
Microsoft
: Certified, Gold, Partner
2.
Microsoft
: Lisensing, solutions
3.
Microsoft
: Network, Infratukture
4.
Microsoft
: Small, Bisiness, Specialist
5.
IBM
: Business, Partner
6.
HP
: Premier, Business, and System Bilder
7.
Adobe
: Authorized Reseller.
Bhinneka.Com
@Mangga Dua Mall
Mangga Dua Mall Lt. 3 No. 48-49
Tlp. (021) 62301383 / 62202226
|
Bhinneka.Com
@Cibubur Junction
Cibubur Junction Lt. 2 No. 47-49
Tlp. (021) 87756770
|
Bhinneka.Com
@Poins Square
Poins Square Lt. 2 No. 88-89
Tlp. (021) 75909567
|
HP Store by Bhinneka.Com
@Mangga Dua Mall
Mangga Dua Mall Lt. 2 No. 8B
Tlp. (021) 6126687
|
HP Store by Bhinneka.Com
@Ratu Plaza
Ratu Plaza Lt. 1 No. 7A
Tlp. (021) 7203032
|
2.7.4
Tampilan
dan Fitur-Fitur pada Bhineka.com
2.7.4.1
Tampilan
Situs
Gambar 1. Tampilan home
Pada desain sebelumnya bhinneka.com mengangkat tema "Only
The Paranoid Survive", sebuah buku karangan Andrew S. Grove (mantan CEO
Intel) yang sangat inspiratif. Kali ini Bhinneka.Com hadir dengan tema
"Faces Of Indonesia" yang menampilkan keragaman topeng Indonesia yang
merupakan kekayaan budaya bangsa. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub menu
memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya.
Menu navigasi pada bhineka.com yaitu :
1. REGISTER
Menu register digunakan untuk mendaftarkan diri
sebagai anggota/member bursa bhineka. Bursa Bhinneka.com merupakan salah
satu fitur pada home page Bhinneka.com yang memberikan
kesempatan bagi Member Bhinneka.com untuk melakukan transaksi jual-beli dengan
memposting iklan barang yang Anda jual melalui website bhinneka.com. Bursa
Bhinneka memudahkan Anda mencari produk IT yang Anda inginkan. Menjadi anggota
Bursa Bhinneka tidak dikenakan biaya.
Gambar 2. Tampilan Register
Caranya Mendaftar sebagai Member pada Bursa Bhinneka?
Untuk
menjadi member pada bursa Bhinneka yang perlu anda lakukan hanyalah :
·
Setelah itu anda harus mengisi field-field yang kami sediakan dan
tekan tombol submit.
·
Jika anda telah selesai
pada proses di atas, Kode aktivasi (Activation Code) akan
dikirimkan ke E-mail yang telah Anda daftarkan tadi. Kode aktivasi digunakan
untuk mengaktifkan keanggotaan anda. Anda tidak dapat melakukan transaksi
apapun sampai keanggotaan anda diaktifkan.
·
Selanjutnya periksa email
anda apakah ada email notofikasi dari kami. Jika ada ikuti link yang ada pada
email tersebut. Jika sampai beberapa lama anda belum juga menerima email dari
kami, silahkan hubungi kami dibursa@bhinneka.com.
2. SIGN IN
Menu sign in di gunakan
untuk masuk sebagai member bursa bhineka.
Gambar 3. Tampilan Sign In
Gambar 4. Setelah Sign In
3. HELP/FAQ
Menu help/FAQ di gunakan
sebagai petunjuk bagi anggota bhineka khusus nya anggota baru yang belum/kurang
memahami situs bhineka.com
Gambar 5. Tampilan Help/FAQ
4. GRATIS
PENGIRIMAN / FREE SHIPPING
Syarat Dan Ketentuan:
- Promo ini HANYA BERLAKU untuk
pembelian secara online melalui "Shopping Cart" dan memilih
metode pengiriman "Free Shipping".
- Promo ini HANYA BERLAKU untuk
pengiriman ke kota-kota yang ada di dalam daftar di bawah.
- Minimum pembelian Rp. 300,000.
- KHUSUS untuk Jakarta, ongkos
kirim Anda GRATIS SEPENUHNYA.
- Sedangkan untuk kota-kota lain
selain Jakarta, maksimum FREE SHIPPING yang ditanggung adalah 5 kg pertama
atau maksimal Rp. 100,000.
- Proses pengiriman bisa
membutuhkan tambahan waktu 2 - 4 hari kerja di luar waktu pengiriman
ekspedisi pada umumnya.
- Tidak termasuk biaya-biaya
tambahan dari pihak ekspedisi seperti packing kayu, asuransi, dll.
SAAT INI FREE SHIPPING BERLAKU KE
KOTA-KOTA BERIKUT:
Medan , Padang , Bukittinggi , Pekanbaru , Pangkal
Pinang , Tanjung Pandan , Palembang. Jambi , Bengkulu , Bandar Lampung , Metro , Jakarta , Cilegon , Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Tangerang, Tigaraksa, Anyer, Merak, Balaraja, Serpong /Bsd, Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cibinong, Cikarang, Cikampek, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, Majalaya, Lembang, , Banyumas, Blora, Boyolali, Cilacap, Jepara, Kebumen, Kendal , Klaten, Kudus , Magelang , Pekalongan, Pemalang, Salatiga, Semarang , Solo , Sragen, Tegal, Wonosobo , Ambarawa, Sleman, Yogyakarta , Banyuwangi , Blitar, Bondowoso, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Malang, Mojokerto, Pandaan, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar, Gianyar, Badung, Klungkung , Buleleng, Tabanan, Kuta , Nusa Dua , Sanur, Ngurahrai, Jimbaran, Pontianak , Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan. Makassar, Mataram, Gresik , Ponorogo , Batam, Tanjung
Pinang , Banjarbaru, Banda Aceh.
5. BAYAR
DI TEMPAT
Bhinneka.Com memudahkan pelanggan melakukan transaksi dengan
menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang nyaman dan mudah bagi Anda,
baik pembayaran via internet (online payment) maupun pembayaran secara
offline (offline payment). Silakan pilih yang lebih nyaman dan tepat untuk
Anda.
ONLINE PAYMENT
- ATM
Otomatis (ATM BCA)
Metode pembayaran ini dikhususkan untuk transaksi online via shopping
cart. Setelah selesai berbelanja, Anda dapat langsung pergi ke ATM BCA
terdekat untuk melakukan pembayaran sesuai dengan Kode Perusahaan Bhinneka.Com
(710319) dan ID Pesanan Anda (data ini akan diberikan setelah Anda selesai
melakukan belanja). Setelah Anda melakukan pembayaran, akan terdeteksi pada
sistem kami secara otomatis. Struk ATM harus disimpan sebagai bukti pembayaran
/ pelunasan.
b.
Internet Banking
Layanan lengkap internet
banking dari berbagai bank
memudahkan pelanggan melakukan online
payment. Pastikan Anda sudah memiliki akun layanan internet banking
tersebut. Pembayaran debit dengan internet
banking dapat dilakukan
melalui KlikBCA, BCA
KlikPay, mandiri
clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI.
- Kartu
Kredit
Kami juga menerima pembayaran dengan kartu kredit secara online. Kartu kredit yang
digunakan haruslah kartu kredit MasterCard / Visa / JCB yang diterbitkan di
negara Indonesia. Data pembeli (nama, alamat, nomor telepon, dll) harus sama
dengan data pemilik kartu kredit. Pembayaran dengan BCA Card juga dapat Anda
lakukan melalui BCA
KlikPay.
- Kartu
Debit
Selain kartu kredit, kami juga menerima pembayaran dengan kartu
debit secara online, yakni
dengan mandiri
debit (khusus untuk kartu debit Mandiri yang berlogo Visa) dan BNI
Debit Online (khusus untuk kartu debit
BNI yang berlogo MasterCard).
- Cicilan
0% (Tanpa Bunga)
Anda dapat menikmati fasilitas cicilan bunga nol persen dengan
menggunakan BCA Card (kartu kredit terbitan BCA) ataupun kartu kredit
MasterCard / Visa / JCB (BCA, Mandiri, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, Mega, dan
BNI). Untuk BCA Card, caranya adalah dengan membeli produk-produk yang memiliki
logo ,
lalu memilih Cicilan BCA KlikPay 0% pada halaman shopping cart kami, kemudian berikutnya, Anda bisa
menggunakan akun BCA
KlikPay Anda untuk membayar. Sedangkan untuk kartu kredit MasterCard /
Visa / JCB (BCA, Mandiri, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, Mega, dan BNI), silakan
pilih produk-produk yang memiliki logo , , , , , , ,
atau ,
lalu memilih Kartu Kredit dan Cicilan bank yang bersangkutan pada halaman
pilihan metode pembayaran.
- Cicilan
0.99% (Ringan)
Selain cicilan 0%, Anda juga dapat menikmati fasilitas cicilan
ringan (untuk 3, 6, dan 12 bulan) dengan menggunakan kartu kredit Mandiri
(MasterCard / Visa). Silakan pilih produk-produk yang memiliki logo ,
lalu memilih Kartu Kredit dan Cicilan Mandiri 0.99% pada halaman pilihan metode
pembayaran.
- Uang
Elektronik
Metode pembayaran ini memungkinkan Anda menggunakan uang elekronik
(hanya dengan bermodalkan handphone Anda saja) untuk membayar barang
belanjaan Anda secara online. Pilihan yang tersedia ada 2, yakni XL
Tunai dan mandiri
e-cash.
OFFLINE PAYMENT
- Bayar
di Tempat / COD (Cash on Delivery)
Layanan pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah pembayaran
yang dilakukan pada saat barang diterima oleh Anda. Metode ini berlaku untuk
pemesanan via telp 021-2929-2828 dan online
chat. Pembayaran ini berlaku dengan syarat dan kondisi tertentu, serta
hanya untuk Anda yang berada di wilayah jangkauan pelayanan pengantaran oleh
armada kirim kami sendiri. Informasi lengkap area layanan COD dan tarif
pengiriman bisa dilihat di
sini. Pembayaran COD dapat berupa tunai /
cash keras, menggunakan kartu debit Mandiri, BCA, BII, dan CIMB Niaga, maupun
kartu kredit berlambang MasterCard / Visa. Convenience
fee dikenakan pada kartu
kredit tertentu. Silakan informasikan kepada sales
officer kami yang melayani
Anda bentuk pembayaran apa yang Anda inginkan.
- Kartu
Kredit & Cicilan 0% (Tanpa Bunga)
Pembayaran dengan kartu kredit berlambang MasterCard / Visa dengan swipe card dapat dilakukan di tempat Anda (lihat
metode COD) maupun di toko-toko kami. Anda dapat menikmati pula pembelian
produk dengan cicilan bunga nol persen. Temukan produk yang berlogo 0% dengan
kartu kredit BCA,Mandiri, CIMB
Niaga, BII, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, atau Mega, dimana Anda bisa mengkonversi transaksi tersebut menjadi cicilan
0%. Silakan hubungi sales
officer kami untuk bantuan
atau ketika Anda bertransaksi, silakan sebutkan cara bayar yang Anda inginkan.
Jika Anda kurang nyaman melakukan transaksi COD, Anda juga dapat bertransaksi
langsung ke toko-toko kami. Silakan kunjungi toko kami: Our
Store Locations.
- Transfer
Bank
Metode ini merupakan pembayaran melalui transfer bank seperti pada
umumnya. Jika Anda belanja melalui shopping
cart, maka no. rekening untuk transfer akan muncul pada halaman pembayaran shopping cart Anda. Jika Anda ingin belanja secara offline, sales officer kami akan menginformasikan no.
rekening resmi Bhinneka.Com. Perlu diperhatikan, jika Anda melakukan setoran
tunai ataupun transfer via ATM, silakan melakukan transfer persis sesuai dengan
nilai transaksi supaya staf kami lebih mudah untuk memverifikasi dana Anda.
Anda juga harus melakukan konfirmasi pembayaran viawebsite kami untuk transaksi online, sedangkan untuk
transaksi offline, silakan
Anda informasikan setelah melakukan transfer pembayaran kepada sales officer kami yang melayani Anda.
- Proses
Perusahaan
untuk kebutuhan perusahaan Anda kini semakin mudah dengan
menggunakan pembayaran dengan cara tempo. Untuk melayani pelanggan korporat dan
pemerintahan, kami mempunyai tim penjualan yang terlatih dan kompeten, serta
siap memberikan konsultasi produk dan solusi IT yang paling tepat dan hemat
untuk investasi Anda. Silakan klik di
sini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai cara berbelanja untuk
korporasi.
6.
KONFIRMASI
PEMBAYARAN
7.
TRACKING
Order and Service Tracking, Anda dapat memeriksa status terakhir pesanan dan servis
produk Anda, dengan memilih Order Tracking atau Service Tracking yang
disediakan oleh Bhinneka.Com.
2.7.4.2 Fitur-Fitur pada bhineka.com
Kelengkapan
fitur merupakan
syarat mutlak bagi sebuah situs toko online dalam
meningkatkan
pelayanan konsumen dan itu
menjadikan sebuah nilai tambah pada situs tersebut.
Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu
pengunjung seperti:
1.
Fitur pencari ( SEARCH ), memudahkan pengunjung
untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib).
2.
Fitur keranjang belanja ( SHOPPING CART ),
yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur
wajib).
3.
Fitur chating, memudahkan
untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling
negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).
4.
Fitur konversi mata
uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur
tambahan).
5.
Order and
Service Tracking, dapat memeriksa status terakhir pesanan dan
servis produk
6.
Fitur
tawar online, untuk menawar produk yang di inginkan dan memantau harga
serta produk yang baru di-update.
7.
Service Tracking
Dengan fitur ini, Anda dapat memeriksa status
terakhir dari servis produk Anda.
Anda dapat memilih dua metode
pengiriman:
1.
Armada
Bhinneka.Com
Metode pengiriman ini dilakukan
oleh crew Bhinnekaners lho. Dengan pelayanan yang sigap dan ramah, tim delivery
kami siap mengantar pesanan Anda.
Metode pengiriman ini berlaku
untuk di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan tarif sebagai berikut :
TUJUAN
|
TARIF
|
Jakarta
|
Rp 30,000
|
Depok
|
Rp 60,000
|
Bumi
Serpong Damai (BSD)
|
Rp 60,000
|
Bekasi
|
Rp 75,000
|
Tangerang
|
Rp 75,000
|
Jababeka
/ Cikarang
|
Rp 150,000
|
Dan wilayah berikut ini dengan
ketentuan tertentu (silahkan berkonsultasi dengan Sales kami)
TUJUAN
|
TARIF
|
Bogor
|
Rp 175,000
|
Karawang
|
Rp 250,000
|
Cikampek
|
Rp 300,000
|
Serang
|
Rp 400,000
|
Anda dapat memilih metode
pengiriman dengan Armada Bhinneka.Com saat pemesanan melalui telepon ataupun
Chat via YM. Khusus untuk pemesanan online via shop cart tidak tersedia pilihan metode pengiriman ini.
2.
Ekspedisi
Untuk Anda yang berada di luar
kota ataupun di luar wilayah area Armada Bhinneka.Com, kami bekerjasama dengan
jasa Ekspedisi aman dan terpercaya untuk dapat mengantarkan pesanan Anda.
Dilengkapi dengan asuransi pengiriman, tariff yang berlaku menyesuaikan dengan
tariff ekspedisi yang Anda pilih.
Saat ini tersedia pengiriman
dengan JNE, TIKI, dan NCS. Estimasi waktu pengiriman disesuaikan dengan layanan
kantor perwakilan ekspedisi di masing-masing wilayah.
SYARAT & KETENTUAN
1. Perhitungan
biaya pengiriman berdasarkan berat x tarif per kilogram atau berdasarkan
volume. dikirim dengan JNE, TIKI, atau NCS akan diasuransikan untuk
mengantisipasi kehilangan dan kerusakan dalam perjalanan. Proses klaim akan
melibatkan pihak pelanggan dan kami untuk pembuktian.
2. Harga
tarif ini hanya merupakan referensi. Segala
3. Untuk
berat barang 1 (satu) koli (paket) = 75 kg atau di atasnya dikenakan surcharge
50%.
4. Tarif
bisa berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
5. Resiko
yang terjadi dalam perjalanan maupun keterlambatan pengiriman bukan menjadi
tanggung jawab kami. Semua barang yang
6. perubahan
dan beban tambahan yang terjadi sepenuhnya akan dibebankan pada pembeli.
Macam-Macam Metode Berbelanja
Yang Nyaman Dan Mudah :
1. Belanja via Online
Shopcart
Cara
belanja paling MUDAH hanya dengan klik tombol 'BELI'di halaman 'Product List'
atau di 'Detail Page' produk yang Anda inginkan, maka produk tersebut akan
masuk ke keranjang belanja Anda (Shop Cart). Selanjutnya ikuti langkah demi
langkah PERINCIAN BELANJA ANDA : Data Pengiriman → Cara Pembayaran → Konfirmasi
hingga selesai.
2. Belanja via Telpon
Butuh
bantuan pemesanan via telepon? Hubungi Call Center 021-29292828, Sales Consultant kami yang
berkompeten siap membantu Anda. Jika Anda butuh penawaran untuk perusahaan,
beritahukan saja kepada kami.
3. Belanja via Sms Atau
E-Mail
Punya
Pertanyaan seputar produk? Konsultasi langsung hanya dengan klik tombol "Chat With Us" atau email kami dengan klik di sini. Via sms juga bisa ke nomor 0812 123 8000.
4. Belanja Ke Store
Bhinneka
Anda
dapat berkunjung langsung ke toko Bhinneka.Com untuk melakukan pembelian,
Temukan Lokasi Store di sini.
Bagi
Anda penggemar fotografi, tersedia berbagai kamera dan aksesoris fotografi.
Anda juga dapat menggunakan fasilitas studio foto indoor dan outdoor, GRATIS
untuk komunitas fotografi. Silahkan berkunjung ke Bhinneka.Com Photography
Store di Jalan Gunung Sahari Raya No. 73 C No.5-6 Jakarta Pusat atau
hubungi 021-29292828 ext 106-108.
5. Belanja via COD (CASH
ON DELIVERY)
Layanan
pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah pembayaran yang dilakukan pada saat
barang diterima oleh Anda. Metode ini berlaku untuk pemesanan via telp
021-2929-2828 dan online chat. Pembayaran ini berlaku dengan syarat dan kondisi
tertentu, serta hanya untuk Anda yang berada di wilayah jangkauan pelayanan
pengantaran oleh armada kirim kami sendiri.
Cara berbelanja secara online di bhineka.com yaitu :
1) Pilih produk yang ingin
dibeli
2) Klik icon “beli”
3) Selanjutnya akan muncul
kolam kecil yang berisi tentang spesifikasi singkat dari produk tersebut. Di bawahnya terdapat tigaoption,
yaitu :
a. Add more items :
untuk berbelanja barang lainnya
b. Cancel : untuk
batal membeli produk tersebut
c. Next step :
untuk lanjut ke langkah berikutnya
4)
Pilih next step untuk membeli barang tersebut
5) Selanjutnya kita akan masuk
ke halaman “perincian belanja Anda”. Di bawahnya ada tiga option jasa
pengiriman yang ingin kita gunakan, yaitu:
a. JNE Regular Service
b. TIKI Regular
Service
c. Free Shipping
6) Pilih
jasa pengiriman yang ingin kita gunakan dan pilih kota tempat tinggal kita
7)
Selanjutnya akan muncul total belanja kita
8)
Untuk new customer :
a. Pilih next
step
b. Selanjutnya kita akan
diminta untuk mengisi data pengiriman dan disarankan untuk membuat akun. Di
bhinneka.com kita tidak diharuskan untuk membuat akun.
c. Ikuti langkah
selanjutnya
Untuk member :
a.
Log in dengan memasukkan alamat e-mail dan password
b. Ikuti
langkah selanjutnya
9) Bhinneka.com menerima
pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Bank Mandiri dan BNI, KlikBCA, BCA
KlikPay, dan Mandiri KlikPay.
10) Selesai.
Kelebihan
Website Bhinneka.com
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
·
Katalog
yang terstruktur dengan baik.
·
User
dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
·
Memiliki
script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
·
Tawar
online
·
Photography
page (all about camera)
·
Mobile
version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
·
DropDown
menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
·
Rancang
sendiri (build your own PC)
·
JNE
(jasa pengiriman)
·
e-Care
(garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
·
Payment
confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak
bhinneka.com)
·
Service
tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi
bhinneka.com)
·
Help/FAQ
Kekurangan
Website Bhinneka.com
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
·
Salah
satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu,
fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga
komputer rakitan yang ingin dibeli.
·
bila
kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa,
padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan
banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa
yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa
dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa
Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa
Inggris.
·
URL
yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti
google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk
atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan
nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila
pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah
URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs
Anda.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dengan
melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan
sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan
efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi internet untuk
meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi
biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan
informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas
yang ada.
Jenis-jenis e-commerce secara
umum aktifitas dari e-commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct
marketing, search jobs, online banking, banking, e-government, e-purchasing,
B2B exchanges, ccommerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan
consumer services.
Bhineka.com
memang salah satu situs toko online yang perlu dicontoh dalam banyak hal, dan
tentu saja masih memilimiki beberapa kelemahan yang perlu kita perhatikan di
saat kita ingin membangun sebuah situs toko online., namun di luar itu semua
yang lebih penting adalah pemanfaatan kepercayaan pembeli yang datang kepada
kita sebagai penjual, karena sebagus apapun situsnya bila pelayanan Anda dalam
menindaklanjuti pembelian dan mungkin dalam menanggapi keluhan Pembeli di
kemudian hari kurang memuaskan.
DAFTAR PUSTAKA
diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul
14.00
diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul
13.45
http://deny_oklex TUGAS
MAKALAH E-COMMERCE.htm
diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam
19.15
diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam
19.00.
0 komentar:
Posting Komentar