MAKALAH
“ANALISA E-COMMERCE ( ELECTRONIC COMMERCE) PADA WWW.BHINNEKA.COM”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
  Nama       : Intan Novita Rolandya
  NPM         : 115100051
  Prodi        : Sistem Informatika
  MaKul     : Analisa Desain Bisnis
  Dosen       : A.Taufik Hidayat, S.Kom
Sekolah  Tinggi  Manajemen Informatika Dan Komputer
(STMIK)
MITRA LAMPUNG
2014
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat, karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah dengan judul “ANALISA E-COMMERCE ( ELECTRONIC COMMERCE) PADA WWW.BHINNEKA.COM”
            Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisa Desain Bisnis. Selain itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi mahasiswa dalam menyusun karya tulis.
            Saya menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan lain di kemudian hari.
            Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan terimakasih.         

Bandar Lampung, 7 April 2014
Penulis







DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I  PENDAHULUAN                           …………..……………………………………Hal.1
1.1. Latar Belakang                                      …………..……………………………………Hal.1
1.2. Rumusan Masalah                                 …………..……………………………………Hal.2
1.3. Ruang Lingkup                                      …………..……………………………………Hal.2
1.4. Maksud dan Tujuan                              …………..……………………………………Hal.2
1.5. Metode Pengumpulan Data                  …………..……………………………………Hal.2
1.6. Sistematika Penulisan                            …………..……………………………………Hal.3
BAB II  PEMBAHASAN                             …………..……………………………………Hal.4
2.1.      Sejarah  E-Commerce ( Electronic Commerce)     …………..……………………Hal.4
2.2.      Pengertian E-Comerce ( Electronic Commerce)    …………..…………………Hal.5-6
2.3.      Jenis E-Comerce ( Electronic Commerce)              …………..……………………Hal.6
2.3.1    Business to Business E-Commerce ( Electronic Commerce)……………..Hal.6
2.3.2. Business to Consumer E-Commerce ( Electronic Commerce) )…………...Hal.7
2.4.      Contoh E-Comerce ( Electronic Commerce)          …………..………………...…Hal.7
2.5.      Dampak Positif dan Negatif E-Commerce (Electronic Commerce) …………….Hal.7
2.5.1.   Dampak positif E-Commerce          ………….…………………………….Hal.7
2.5.2.   Dampak negatif E-Commerce         ………….…………………………….Hal.8
2.6.     Situs-Situs terkenal E-Commerce ( Electronic Commerce)………………………Hal.8
2.7.      WWW.BHINEKA.COM                 ……………………………………………..…Hal.8
2.7.1 Sejarah Bhinneka.com                        ……………………………………………..…Hal.9
2.7.2  Definisi Bhinekacom               ………………..………………………………Hal.9
2.7.3        Partner Network Bhineka.com        ………………………………………Hal.10
2.7.4        Tampilan dan Fitur-Fitur pada Bhineka.com………………………...…Hal.12
2.7.4.1  Tampilan Situs                ………………………………………...…Hal.12-21

2.7.4.2  Fitur-Fitur pada bhineka.com   ………………………………………Hal.21

2.7.4.3  TARIF & SIMULASI PENGIRIMAN                        …………………...Hal.22-24



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk. Suatu produk yang dionlinekan melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produknya di kenal di seluruh dunia.
Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh beberapa perusahaan yaitu electronic commerce atau yang lebih dikenal dengane-commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui media internet. e-commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet.
Keberadaan e-commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena e-commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam melakukan transaksi perdagangan. meskipun para pihak berada di dua benua berbeda sekalipun. Dengan e-commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu penulis juga tertarik untuk memaparkan E-Commerce pada Bhineka.com. 
1.2. Rumusan Masalah
Makalah ini merumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana sejarah E-Commerce?
2.      Apa pengertian E-Commerce?
3.      Apa saja jenis-jenis E-Commerce?
4.      Apa saja contoh E-Commerce?
5.      Apa saja dampak E-Commerce?
6.      Apa saja situs-situs terkenal E-Commerce?
7.      Apa itu Bhineka.com?
1.3. Ruang Lingkup
Dalam makalah ini, penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada    materi kuliah E-commerce. Pembahasan lebih dikhususkan pada e-commerce( electronic commerce) pada Bhinneka.com. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertegas pembahasan sehingga dapat terfokus pada masalah yang akan di bahas serta dapat memberikan gambaran umum tentang isi makalah sehingga pembaca lebih mudah mempelajarinya.
1.4. Maksud dan Tujuan
Maksud dari penyusunan tugas ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi salah satu tugas mata kuliah Pemrograman Terstruktur di Bina Sarana Informatika. Sedangkan tujuan dari penulisan tugas ini adalah:
1.      Menerapkan teori yang didapat selama belajar di MITRA Lampung.
2.      Mengembangkan kreativitas dan wawasan penulis.
3.      Memberikan uraian tentang e-commerce (electronic commerce) pada Bhinneka.com.
1.5. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas ini, penulis menggunakan metode Browsing Internet, yaitu yang dilakukan dengan browsing atau membaca atau mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam tugas ini di internet.
1.6. Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari dan mengetahui isi makalah ini, penulis memberikan uraian singkat mengenai gambaran pada masing-masing bab melalui sistematika penulisan yaitu :
BAB I    PENDAHULUAN
Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang latar belakang penulisan, maksud dan tujuan serta metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menyusun tugas ini. Selain itu, penulis juga menguraikan mengenai ruang lingkup permasalahannya yang dibahas dan sistematika penulisan.
BAB II PEMBAHASAN
Pada bab ini, penulis menguraikan tentang materi-materi yang akan dibahas karena bab ini merupakan bab utama dari makalah ini. Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah e-commerce, pengertian e-commerce, jenis e-commerce yang meliputi business to business e-commerce dan business to customer e-commerce, contoh e-commerce, dampak positif dan negative e-commerce, web yang dikeluarkan e-commerce, pengertian Bhineka.com, partner bhineka.com, sekaligus akan dibahas mengenai bhineka.com.
BAB III PENUTUP
Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang kesimpulan-kesimpulan dari masalah yang dibahas .






BAB II
PEMBAHASAN

2.1.      Sejarah  E-Commerce ( Electronic Commerce)
Sejarah perkembangan e-commerce di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbulah e-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas California di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet, ARPA merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia.
Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara kaum pendidik, dan eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang laininterconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”. Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
WEB mulai dikenal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protokol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas. Antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara AS dan Eropa mengembangkan situs web perdangan ini.


2.2.      Pengertian E-Comerce ( Electronic Commerce)
E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan). Adapun pendapat mengenai pengertian e-commerce bahwa e-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah sub perangkat dari E-Bisnis.
Cara pembayarannya melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit. Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. Area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-commerce.




Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1.      Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan
·         Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
·         Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit)
·         Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
1.      Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah
2.      Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya
3.      Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/ pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek
4.      Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
2.3.      Jenis E-Comerce ( Electronic Commerce)
E-Commerce dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C, retail). Kedua jenis e-commerce ini memiliki karakteristikyang berbeda.
2.3.1    Business to Business E-Commerce ( Electronic Commerce)
Business to Business E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.      Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
2.      Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
3.      Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
4.      Model yang umum digunakan adalah peer-topeer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis
2.3.2. Business to Consumer E-Commerce ( Electronic Commerce)
Business to Consumer E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.      Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
2.      Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
3.      Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakuka inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
4.      Pendekatan client/ server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
2.4.      Contoh E-Comerce ( Electronic Commerce)
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1.         Pembelian buku melalui online
2.         Pembelian elektronik melalui online
3.         Pembelian kendaraan melalui online
4.         Pembelian pakaian melalui online, dll.
2.5.      Dampak Positif dan Negatif E-Commerce (Electronic Commerce)
Di dalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negatif nya.
2.5.1.   Dampak positif E-Commerce, yaitu :
1.      Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional
2.      Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
3.      Menurunkan biaya operasional(operating cost)
4.      Melebarkan jangkauan (global reach)
5.      Meningkatkan customer loyality
6.      Meningkatkan supplier management
7.      Memperpendek waktu produksi
8.      Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan )


2.5.2.   Dampak negatif E-Commerce, yaitu:
1.      Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada
2.      Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban
3.      Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam
4.      Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri
5.      Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut
6.      Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

2.6.     Situs-Situs terkenal E-Commerce ( Electronic Commerce)
Ada beberapa Web terkenal e-commerce yaitu AMAZON.COM, EBAY.COM, TOKOBAGUS.COM, BERNIAGA.COM dan BHINEKA.COM. web-web ini berfungsi untuk mejual barang/jasa melalui internet. Disini penulis akan menganalisa e-commerce ( electronic commerce) pada www.bhinneka.com

2.7.      WWW.BHINEKA.COM
Untuk dapat mengakses situs tersebut berikut saya lampirkan link nya :




2.7.1 Sejarah Bhinneka.com

Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
            Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya

2.7.2 Definisi Bhinekacom
Definisi lain nya Bhineka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barang-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya.
Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan barang lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempat untuk mendapatkan referensi dari harga-harga barang elektronik.  
2.7.3 Partner Network Bhineka.com
Partner Network Bhineca.com yaitu meliputi:
1.      Microsoft   : Certified, Gold, Partner
2.      Microsoft   : Lisensing, solutions
3.      Microsoft   : Network, Infratukture
4.      Microsoft   : Small, Bisiness, Specialist
5.      IBM           : Business, Partner
6.      HP             : Premier, Business, and System Bilder
7.      Adobe        : Authorized Reseller.


Bhinneka.Com
@Mangga Dua Mall
Mangga Dua Mall Lt. 3 No. 48-49
Tlp. (021) 62301383 / 62202226

Bhinneka.Com
@Cibubur Junction
Cibubur Junction Lt. 2 No. 47-49
Tlp. (021) 87756770

Bhinneka.Com
@Poins Square
Poins Square Lt. 2 No. 88-89
Tlp. (021) 75909567

HP Store by Bhinneka.Com
@Mangga Dua Mall
Mangga Dua Mall Lt. 2 No. 8B
Tlp. (021) 6126687
HP Store by Bhinneka.Com
@Ratu Plaza
Ratu Plaza Lt. 1 No. 7A
Tlp. (021) 7203032










2.7.4        Tampilan dan Fitur-Fitur pada Bhineka.com
2.7.4.1  Tampilan Situs
Gambar 1. Tampilan home
Pada desain sebelumnya bhinneka.com mengangkat tema "Only The Paranoid Survive", sebuah buku karangan Andrew S. Grove (mantan CEO Intel) yang sangat inspiratif. Kali ini Bhinneka.Com hadir dengan tema "Faces Of Indonesia" yang menampilkan keragaman topeng Indonesia yang merupakan kekayaan budaya bangsa. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya.

Menu navigasi pada bhineka.com yaitu :
1.      REGISTER
Menu register digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota/member bursa bhineka. Bursa Bhinneka.com merupakan salah satu fitur pada home page Bhinneka.com yang memberikan kesempatan bagi Member Bhinneka.com untuk melakukan transaksi jual-beli dengan memposting iklan barang yang Anda jual melalui website bhinneka.com. Bursa Bhinneka memudahkan Anda mencari produk IT yang Anda inginkan. Menjadi anggota Bursa Bhinneka tidak dikenakan biaya.
Gambar 2. Tampilan Register
Caranya Mendaftar sebagai Member pada Bursa Bhinneka?
Untuk menjadi member pada bursa Bhinneka yang perlu anda lakukan hanyalah :
·         klik link register di top banner halaman bursa.
·         Setelah itu anda harus mengisi field-field yang kami sediakan dan tekan tombol submit.
·          Jika anda telah selesai pada proses di atas, Kode aktivasi (Activation Code) akan dikirimkan ke E-mail yang telah Anda daftarkan tadi. Kode aktivasi digunakan untuk mengaktifkan keanggotaan anda. Anda tidak dapat melakukan transaksi apapun sampai keanggotaan anda diaktifkan.
·          Selanjutnya periksa email anda apakah ada email notofikasi dari kami. Jika ada ikuti link yang ada pada email tersebut. Jika sampai beberapa lama anda belum juga menerima email dari kami, silahkan hubungi kami dibursa@bhinneka.com.


2.      SIGN IN
Menu sign in di gunakan untuk masuk sebagai member bursa bhineka.
Gambar 3. Tampilan Sign In
Gambar 4. Setelah Sign In





3.      HELP/FAQ
Menu help/FAQ di gunakan sebagai petunjuk bagi anggota bhineka khusus nya anggota baru yang belum/kurang memahami situs bhineka.com

Gambar 5. Tampilan Help/FAQ
4.      GRATIS PENGIRIMAN / FREE SHIPPING
Syarat Dan Ketentuan:
  1. Promo ini HANYA BERLAKU untuk pembelian secara online melalui "Shopping Cart" dan memilih metode pengiriman "Free Shipping".
  2. Promo ini HANYA BERLAKU untuk pengiriman ke kota-kota yang ada di dalam daftar di bawah.
  3. Minimum pembelian Rp. 300,000.
  4. KHUSUS untuk Jakarta, ongkos kirim Anda GRATIS SEPENUHNYA.
  5. Sedangkan untuk kota-kota lain selain Jakarta, maksimum FREE SHIPPING yang ditanggung adalah 5 kg pertama atau maksimal Rp. 100,000.
  6. Proses pengiriman bisa membutuhkan tambahan waktu 2 - 4 hari kerja di luar waktu pengiriman ekspedisi pada umumnya.
  7. Tidak termasuk biaya-biaya tambahan dari pihak ekspedisi seperti packing kayu, asuransi, dll.
SAAT INI FREE SHIPPING BERLAKU KE KOTA-KOTA BERIKUT:
Medan , Padang , Bukittinggi , Pekanbaru , Pangkal Pinang , Tanjung Pandan , Palembang.  Jambi , Bengkulu , Bandar Lampung , Metro , Jakarta , Cilegon , Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Tangerang, Tigaraksa, Anyer, Merak, Balaraja,  Serpong /Bsd, Bandung,  Bekasi,  Bogor, Ciamis,  Cianjur,  Cibinong,  Cikarang,  Cikampek, Cimahi,  Cirebon,  Depok,  Garut,  Indramayu,  Karawang,  Kuningan,  Majalengka,  Purwakarta,  Subang,  Sukabumi, Sumedang,  Tasikmalaya, Majalaya, Lembang,  ,  Banyumas,  Blora,  Boyolali,  Cilacap,  Jepara,  Kebumen, Kendal , Klaten,  Kudus , Magelang , Pekalongan,  Pemalang,  Salatiga, Semarang , Solo , Sragen, Tegal,  Wonosobo , Ambarawa, Sleman,  Yogyakarta , Banyuwangi , Blitar,  Bondowoso,  Jember,  Jombang,  Kediri,  Lamongan,  Lumajang,  Madiun, Malang,  Mojokerto,  Pandaan,  Pasuruan, Probolinggo,  Sidoarjo,  Surabaya, Denpasar,  Gianyar,  Badung, Klungkung , Buleleng, Tabanan,  Kuta , Nusa Dua , Sanur,  Ngurahrai, Jimbaran,  Pontianak , Banjarmasin,  Palangkaraya, Balikpapan. Makassar, Mataram,  Gresik , Ponorogo , Batam,  Tanjung Pinang , Banjarbaru,  Banda Aceh.






5.      BAYAR DI TEMPAT
Bhinneka.Com memudahkan pelanggan melakukan transaksi dengan menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang nyaman dan mudah bagi Anda, baik pembayaran via internet (online payment) maupun pembayaran secara offline (offline payment). Silakan pilih yang lebih nyaman dan tepat untuk Anda.

ONLINE PAYMENT

  1. ATM Otomatis (ATM BCA)
Metode pembayaran ini dikhususkan untuk transaksi online via shopping cart. Setelah selesai berbelanja, Anda dapat langsung pergi ke ATM BCA terdekat untuk melakukan pembayaran sesuai dengan Kode Perusahaan Bhinneka.Com (710319) dan ID Pesanan Anda (data ini akan diberikan setelah Anda selesai melakukan belanja). Setelah Anda melakukan pembayaran, akan terdeteksi pada sistem kami secara otomatis. Struk ATM harus disimpan sebagai bukti pembayaran / pelunasan.

b.      Internet Banking
Layanan lengkap internet banking dari berbagai bank memudahkan pelanggan melakukan online payment. Pastikan Anda sudah memiliki akun layanan internet banking tersebut. Pembayaran debit dengan internet banking dapat dilakukan melalui KlikBCA, BCA KlikPay, mandiri clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI.
  1. Kartu Kredit
Kami juga menerima pembayaran dengan kartu kredit secara online. Kartu kredit yang digunakan haruslah kartu kredit MasterCard / Visa / JCB yang diterbitkan di negara Indonesia. Data pembeli (nama, alamat, nomor telepon, dll) harus sama dengan data pemilik kartu kredit. Pembayaran dengan BCA Card juga dapat Anda lakukan melalui BCA KlikPay.
  1. Kartu Debit
Selain kartu kredit, kami juga menerima pembayaran dengan kartu debit secara online, yakni dengan mandiri debit (khusus untuk kartu debit Mandiri yang berlogo Visa) dan BNI Debit Online (khusus untuk kartu debit BNI yang berlogo MasterCard).
  1. Cicilan 0% (Tanpa Bunga)
Anda dapat menikmati fasilitas cicilan bunga nol persen dengan menggunakan BCA Card (kartu kredit terbitan BCA) ataupun kartu kredit MasterCard / Visa / JCB (BCA, Mandiri, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, Mega, dan BNI). Untuk BCA Card, caranya adalah dengan membeli produk-produk yang memiliki logo BCA KlikPay 0%, lalu memilih Cicilan BCA KlikPay 0% pada halaman shopping cart kami, kemudian berikutnya, Anda bisa menggunakan akun BCA KlikPay Anda untuk membayar. Sedangkan untuk kartu kredit MasterCard / Visa / JCB (BCA, Mandiri, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, Mega, dan BNI), silakan pilih produk-produk yang memiliki logo BCA 0%, Mandiri 0%, ANZ 0%, UOB 0%, Danamon 0%, Bukopin 0%, Mega 0%, atau BNI 0%, lalu memilih Kartu Kredit dan Cicilan bank yang bersangkutan pada halaman pilihan metode pembayaran.
  1. Cicilan 0.99% (Ringan)
Selain cicilan 0%, Anda juga dapat menikmati fasilitas cicilan ringan (untuk 3, 6, dan 12 bulan) dengan menggunakan kartu kredit Mandiri (MasterCard / Visa). Silakan pilih produk-produk yang memiliki logo Mandiri 0.99%, lalu memilih Kartu Kredit dan Cicilan Mandiri 0.99% pada halaman pilihan metode pembayaran.
  1. Uang Elektronik
Metode pembayaran ini memungkinkan Anda menggunakan uang elekronik (hanya dengan bermodalkan handphone Anda saja) untuk membayar barang belanjaan Anda secara online. Pilihan yang tersedia ada 2, yakni XL Tunai dan mandiri e-cash.

OFFLINE PAYMENT

  1. Bayar di Tempat / COD (Cash on Delivery)
Layanan pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah pembayaran yang dilakukan pada saat barang diterima oleh Anda. Metode ini berlaku untuk pemesanan via telp 021-2929-2828 dan online chat. Pembayaran ini berlaku dengan syarat dan kondisi tertentu, serta hanya untuk Anda yang berada di wilayah jangkauan pelayanan pengantaran oleh armada kirim kami sendiri. Informasi lengkap area layanan COD dan tarif pengiriman bisa dilihat di sini. Pembayaran COD dapat berupa tunai / cash keras, menggunakan kartu debit Mandiri, BCA, BII, dan CIMB Niaga, maupun kartu kredit berlambang MasterCard / Visa. Convenience fee dikenakan pada kartu kredit tertentu. Silakan informasikan kepada sales officer kami yang melayani Anda bentuk pembayaran apa yang Anda inginkan.
  1. Kartu Kredit & Cicilan 0% (Tanpa Bunga)
Pembayaran dengan kartu kredit berlambang MasterCard / Visa dengan swipe card dapat dilakukan di tempat Anda (lihat metode COD) maupun di toko-toko kami. Anda dapat menikmati pula pembelian produk dengan cicilan bunga nol persen. Temukan produk yang berlogo 0% dengan kartu kredit BCA,Mandiri, CIMB Niaga, BII, ANZ, UOB, Danamon, Bukopin, atau Mega, dimana Anda bisa mengkonversi transaksi tersebut menjadi cicilan 0%. Silakan hubungi sales officer kami untuk bantuan atau ketika Anda bertransaksi, silakan sebutkan cara bayar yang Anda inginkan. Jika Anda kurang nyaman melakukan transaksi COD, Anda juga dapat bertransaksi langsung ke toko-toko kami. Silakan kunjungi toko kami: Our Store Locations.
  1. Transfer Bank
Metode ini merupakan pembayaran melalui transfer bank seperti pada umumnya. Jika Anda belanja melalui shopping cart, maka no. rekening untuk transfer akan muncul pada halaman pembayaran shopping cart Anda. Jika Anda ingin belanja secara offline, sales officer kami akan menginformasikan no. rekening resmi Bhinneka.Com. Perlu diperhatikan, jika Anda melakukan setoran tunai ataupun transfer via ATM, silakan melakukan transfer persis sesuai dengan nilai transaksi supaya staf kami lebih mudah untuk memverifikasi dana Anda. Anda juga harus melakukan konfirmasi pembayaran viawebsite kami untuk transaksi online, sedangkan untuk transaksi offline, silakan Anda informasikan setelah melakukan transfer pembayaran kepada sales officer kami yang melayani Anda.
  1. Proses Perusahaan
untuk kebutuhan perusahaan Anda kini semakin mudah dengan menggunakan pembayaran dengan cara tempo. Untuk melayani pelanggan korporat dan pemerintahan, kami mempunyai tim penjualan yang terlatih dan kompeten, serta siap memberikan konsultasi produk dan solusi IT yang paling tepat dan hemat untuk investasi Anda. Silakan klik di sini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai cara berbelanja untuk korporasi.

6.      KONFIRMASI PEMBAYARAN
7.      TRACKING
Order and Service Tracking, Anda dapat memeriksa status terakhir pesanan dan servis produk Anda, dengan memilih Order Tracking atau Service Tracking yang disediakan oleh Bhinneka.Com.


2.7.4.2  Fitur-Fitur pada bhineka.com
Kelengkapan fitur merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online dalam meningkatkan pelayanan konsumen dan itu menjadikan sebuah nilai tambah pada situs tersebut. Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti:
1.      Fitur pencari ( SEARCH ), memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib).
2.      Fitur keranjang belanja ( SHOPPING CART ), yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).
3.      Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).
4.      Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).
5.      Order and Service Tracking, dapat memeriksa status terakhir pesanan dan servis produk

6.      Fitur tawar online, untuk menawar produk yang di inginkan dan memantau harga serta produk yang baru di-update.
7.      Service Tracking
Dengan fitur ini, Anda dapat memeriksa status terakhir dari servis produk Anda.

2.7.5        TARIF & SIMULASI PENGIRIMAN

Anda dapat memilih dua metode pengiriman:
1.                  Armada Bhinneka.Com
Metode pengiriman ini dilakukan oleh crew Bhinnekaners lho. Dengan pelayanan yang sigap dan ramah, tim delivery kami siap mengantar pesanan Anda.
Metode pengiriman ini berlaku untuk di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, dengan tarif sebagai berikut :

TUJUAN

TARIF

Jakarta
Rp 30,000
Depok
Rp 60,000
Bumi Serpong Damai (BSD)
Rp 60,000
Bekasi
Rp 75,000
Tangerang
Rp 75,000
Jababeka / Cikarang
Rp 150,000

Dan wilayah berikut ini dengan ketentuan tertentu (silahkan berkonsultasi dengan Sales kami)

TUJUAN

TARIF

Bogor
Rp 175,000
Karawang
Rp 250,000
Cikampek
Rp 300,000
Serang
Rp 400,000
Anda dapat memilih metode pengiriman dengan Armada Bhinneka.Com saat pemesanan melalui telepon ataupun Chat via YM. Khusus untuk pemesanan online via shop cart tidak tersedia pilihan metode pengiriman ini.
2.                  Ekspedisi
Untuk Anda yang berada di luar kota ataupun di luar wilayah area Armada Bhinneka.Com, kami bekerjasama dengan jasa Ekspedisi aman dan terpercaya untuk dapat mengantarkan pesanan Anda. Dilengkapi dengan asuransi pengiriman, tariff yang berlaku menyesuaikan dengan tariff ekspedisi yang Anda pilih.
Saat ini tersedia pengiriman dengan JNE, TIKI, dan NCS. Estimasi waktu pengiriman disesuaikan dengan layanan kantor perwakilan ekspedisi di masing-masing wilayah.

SYARAT & KETENTUAN

1.      Perhitungan biaya pengiriman berdasarkan berat x tarif per kilogram atau berdasarkan volume. dikirim dengan JNE, TIKI, atau NCS akan diasuransikan untuk mengantisipasi kehilangan dan kerusakan dalam perjalanan. Proses klaim akan melibatkan pihak pelanggan dan kami untuk pembuktian.
2.      Harga tarif ini hanya merupakan referensi. Segala
3.      Untuk berat barang 1 (satu) koli (paket) = 75 kg atau di atasnya dikenakan surcharge 50%.
4.      Tarif bisa berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
5.      Resiko yang terjadi dalam perjalanan maupun keterlambatan pengiriman bukan menjadi tanggung jawab kami. Semua barang yang
6.      perubahan dan beban tambahan yang terjadi sepenuhnya akan dibebankan pada pembeli.
Macam-Macam Metode Berbelanja Yang Nyaman Dan Mudah :
1.      Belanja via Online Shopcart
Cara belanja paling MUDAH hanya dengan klik tombol 'BELI'di halaman 'Product List' atau di 'Detail Page' produk yang Anda inginkan, maka produk tersebut akan masuk ke keranjang belanja Anda (Shop Cart). Selanjutnya ikuti langkah demi langkah PERINCIAN BELANJA ANDA : Data Pengiriman → Cara Pembayaran → Konfirmasi hingga selesai.
2.      Belanja via Telpon
Butuh bantuan pemesanan via telepon? Hubungi Call Center 021-29292828, Sales Consultant kami yang berkompeten siap membantu Anda. Jika Anda butuh penawaran untuk perusahaan, beritahukan saja kepada kami.
3.      Belanja via Sms Atau E-Mail
Punya Pertanyaan seputar produk? Konsultasi langsung hanya dengan klik tombol "Chat With Us" atau email kami dengan klik di sini. Via sms juga bisa ke nomor 0812 123 8000.
4.      Belanja Ke Store Bhinneka
Anda dapat berkunjung langsung ke toko Bhinneka.Com untuk melakukan pembelian, Temukan Lokasi Store di sini.
Bagi Anda penggemar fotografi, tersedia berbagai kamera dan aksesoris fotografi. Anda juga dapat menggunakan fasilitas studio foto indoor dan outdoor, GRATIS untuk komunitas fotografi. Silahkan berkunjung ke Bhinneka.Com Photography Store di Jalan Gunung Sahari Raya No. 73 C No.5-6 Jakarta Pusat atau hubungi 021-29292828 ext 106-108.
5.      Belanja via COD (CASH ON DELIVERY)
Layanan pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah pembayaran yang dilakukan pada saat barang diterima oleh Anda. Metode ini berlaku untuk pemesanan via telp 021-2929-2828 dan online chat. Pembayaran ini berlaku dengan syarat dan kondisi tertentu, serta hanya untuk Anda yang berada di wilayah jangkauan pelayanan pengantaran oleh armada kirim kami sendiri.




Cara berbelanja secara online di bhineka.com yaitu :
1) Pilih produk yang ingin dibeli
2) Klik icon “beli”
3) Selanjutnya akan muncul kolam kecil yang berisi tentang spesifikasi singkat dari produk tersebut. Di bawahnya terdapat tigaoption, yaitu :
a.  Add more items : untuk berbelanja barang lainnya
b.  Cancel : untuk batal membeli produk tersebut
c.   Next step : untuk lanjut ke langkah berikutnya
4) Pilih next step untuk membeli barang tersebut
5) Selanjutnya kita akan masuk ke halaman “perincian belanja Anda”. Di bawahnya ada tiga option jasa pengiriman yang ingin kita gunakan, yaitu:
a.  JNE Regular Service
b.  TIKI Regular Service
c.   Free Shipping
6) Pilih jasa pengiriman yang ingin kita gunakan dan pilih kota tempat tinggal kita
7)  Selanjutnya akan muncul total belanja kita
8)  Untuk new customer :
a.   Pilih next step
b.  Selanjutnya kita akan diminta untuk mengisi data pengiriman dan disarankan untuk membuat akun. Di bhinneka.com kita tidak diharuskan untuk membuat akun.
c.   Ikuti langkah selanjutnya
Untuk member :
a. Log in dengan memasukkan alamat e-mail­ dan password
b. Ikuti langkah selanjutnya
9) Bhinneka.com menerima pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Bank Mandiri dan BNI, KlikBCA, BCA KlikPay, dan Mandiri KlikPay.
10)  Selesai.


Kelebihan Website Bhinneka.com
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
·                     Katalog yang terstruktur dengan baik.
·                     User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
·                     Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
·                     Tawar online
·                     Photography page (all about camera)
·                     Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
·                     DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
·                     Rancang sendiri (build your own PC)
·                     JNE (jasa pengiriman)
·                     e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
·                     Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
·                     Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
·                     Help/FAQ

Kekurangan Website Bhinneka.com
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
·                     Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
·                     bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
·                     URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dengan melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi internet untuk meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas yang ada.
Jenis-jenis e-commerce secara umum aktifitas dari e-commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct marketing, search jobs, online banking, banking, e-government, e-purchasing, B2B exchanges, ccommerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan consumer services.
Bhineka.com memang salah satu situs toko online yang perlu dicontoh dalam banyak hal, dan tentu saja masih memilimiki beberapa kelemahan yang perlu kita perhatikan di saat kita ingin membangun sebuah situs toko online., namun di luar itu semua yang lebih penting adalah pemanfaatan kepercayaan pembeli yang datang kepada kita sebagai penjual, karena sebagus apapun situsnya bila pelayanan Anda dalam menindaklanjuti pembelian dan mungkin dalam menanggapi keluhan Pembeli di kemudian hari kurang memuaskan.





DAFTAR PUSTAKA

diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul 14.00
diakses, tanggal 13 Desember 2009 pukul 13.45
http://deny_oklex TUGAS MAKALAH E-COMMERCE.htm
diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam 19.15
diakses, tanggal 9 Desember 2009 jam 19.00.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar